Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Venue Liga 1, Ini 4 Fasilitas Mewah Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan disebut sebagai mini Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena memiliki fasilitas yang bertaraf internasional.
Komplek Stadion Manahan/Antara - Mohammad Ayudha.
Komplek Stadion Manahan/Antara - Mohammad Ayudha.

Bisnis.com, SOLO - Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Jadian Lukita, mengatakan bahwa Stadion Manahan Solo bakal menjadi salah satu venue Liga 1.

Dilansir dari laman Solopos.com, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan fasilitas yang disediakan oleh Stadion Manahan Solo itu sendiri.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu Stadion Manahan Solo direnovasi secara besar-besaran dengan menggunakan anggaran lebih dari Rp300 miliar.

Kini, ruang ganti pemain, ruang media, ruang untuk konfrensi pers, hingga MCK pun kondisinya telah jauh lebih baik dan bahkan terkesan mewah.

Nah, lalu fasilitas mewah apa lagi yang ditawarkan oleh Stadion Manahan Solo ini? Berikut ulasannya.

1. Bangku

Setelah renovasi, kapasitas penonton di Stadion Manahan Solo mengalami penurunan, yakni menjadi 20.000 orang. Namun, kini tribun penonton sudah menggunakan single seat.

"Sesuai standar FIFA, bangku penonton tidak boleh lagi bangku panjang tetapi harus single seat, bernomor dan permanen. Mengikuti ketentuan FIFA, Stadion Manahan termasuk klasifikasi stadion kelas dua,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 2 Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kusworo Darpito, dikutip dari Solopos.com pada Selasa (28/9/2021).

2. Atap

Awalnya, penggunaan atap hanya diberikan pada sisi barat. Namun sekarang, seluruh area tribun Stadion Manahan Solo telah dipasangi atap.

3. Penerangan

Lebih lanjut, saat ini penerangan stadion juga sudah menyesuaikan standar FIFA. Stadion Manahan Solo memiliki lampu berkekuatan 1.500 lux di arena pertandingan.

4. Rumput

Rumput yang digunakan di stadion ini adalah rumput Zoysia Matrella (Linn) Merr atau yang biasa dikenal dengan sebutan Rumput Manila. Penggunaan rumput tersebut pun disempurnakan dengan drainase lapangan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper