Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang KRL Naik 7 Persen, KCI Antisipasi Lonjakan

Pada hari kerja pekan lalu (13–17 September 2021) tercatat rata-rata harian pengguna KRL 315.075 pengguna per hari. Sementara pada pekan sebelumnya (6–10 September 2021) tercatat rata-rata harian pengguna KRL sejumlah 294.445 pengguna per hari atau bertambah sekitar 7 persen dibanding pekan sebelumnya.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). /Bisnis-Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter terus berupaya mengantisipasi lonjakan pengguna kereta rel listrik (KRL) seiring kembali berjalannya aktivitas ekonomi ditengah melandainya penyebaran Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan situasi tersebut membuat aktivitas masyarakat kembali meningkat dan volume pengguna KRL bertambah. 

Dia memerinci, pada hari kerja pekan lalu (13–17 September 2021) tercatat rata-rata harian pengguna KRL sejumlah 315.075 pengguna per hari. Sementara pada pekan sebelumnya (6–10 September 2021) tercatat rata-rata harian pengguna KRL sejumlah 294.445 pengguna per hari atau bertambah sekitar 7 persen dibanding pekan sebelumnya.

"Bertambahnya volume pengguna KRL terus diantisipasi KAI Commuter diantaranya dengan melakukan pembatasan pengguna baik di stasiun maupun di dalam KRL. Petugas akan mengatur pengguna sesuai dengan kapasitas yang diizinkan," ujarnya, Senin (20/9/2021).

Meski begitu, Anne mengaku situasi dan kondisi di seluruh stasiun pada pagi ini tampak tertib dan lancar. Petugas di lapangan dengan teliti memeriksa persyaratan naik KRL yang dibawa pengguna yaitu dengan menunjukkan sertifikat vaksin dalam bentuk digital maupun cetak. 

Hingga pukul 08.00 WIB, jelasnya, pengguna di seluruh stasiun tercatat ada 104.514 orang atau bertambah sekitar 9 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu yaitu sebanyak 95.469 orang.

Adapun Anne memaparkan, stasiun yang mencatatkan kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor (8.329 pengguna, naik 9 persen dibanding pekan lalu waktu yang sama), Stasiun Bekasi (5.058 pengguna, naik 3 persen), dan Stasiun Parungpanjang (4.141 pengguna, naik 8 persen). 

"Operasional dan layanan KRL tetap berjalan normal dengan 994 perjalanan per hari dimulai pukul 04.00–22.00 WIB. Sebanyak 307 perjalanan di jam sibuk pagi pukul 04.00–09.00 WIB dan 243 perjalanan di jam sibuk sore pukul 16.00–20.00 WIB," sebutnya.

Lebih lanjut Anne mengimbau pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk agar terhindar dari potensi antrean.

Dia menegaskan, KAI Commuter tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan penggunaan masker ganda, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik kereta.

Aturan tambahan yang ada selama masa pandemi ini juga tetap berlaku seperti tidak berbicara saat berada di dalam kereta, lansia dan pengguna dengan barang bawaan yang besar hanya diizinkan menggunakan KRL pada pukul 10:00–14:00 atau di luar jam-jam sibuk, serta anak balita sementara belum diizinkan naik KRL.

"Untuk siswa sekolah yang belum masuk usia vaksinasi tetap dapat menggunakan KRL dengan menunjukkan surat keterangan dari sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Seluruh upaya terus dilakukan KAI Commuter agar pengguna merasa aman, nyaman, dan sehat saat naik KRL. Tetap upayakan berkegiatan dari rumah, gunakan KRL hanya saat kondisi mendesak," tutup Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper