Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Dukung Pemasangan PLTS Atap di Produk Huniannya

Pengambang properti menyambut baik upaya pemerintah yang ingin mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).
Petugas membersihkan PLTS atap./Ilustrasi
Petugas membersihkan PLTS atap./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pengambang properti menyambut baik upaya pemerintah yang ingin mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Direktur Marketing & Sales Paramount Land M. Nawawi mengatakan bahwa produk rumah dan ruko yang diluncurkan perusahaan sejak tahun lalu telah menggunakan PLTS atap.

Adapun, produk Paramount yang dipasang PLTS atap adalah Nara Village, The Jewel of Nara, Ruko Pisa Grande tahap 1, Ruko Pisa Grande tahap 2, Granada@Mennagio, Alma @ Montana, Aniva Grande tahap 1, Aniva Grande tahap 2, Aniva Junction tahap 1, Aniva Junction tahap 2, New Alicante, dan Pasadena Residences.

Menurutnya, penggunaan PLTS atap saat ini memang semakin diminati masyarakat, karena lebih ekonomis dan dapat menekan emisi karbon.

“Penggunaan solar panel juga merupakan wujud partisipasi untuk menjaga lingkungan tetap hijau,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (18/9/2021).

Namun demikian, dia menjelaskan, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi pengembang Ketika memasang PLTS atap di produknya. Salah satunya adalah biaya pemasangan yang berdampak pada harga dan investasi awal.

Selain itu, pemasangan PLTS atap juga membutuhkan ruang dan peletakan yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari.

“Biasanya kesulitan pasang di area hunian atau ruko dengan permukaan atap yang lebih kecil,” katanya. 

Tantangan lainnya, kata dia, adalah meyakinkan konsumen mengenai pentingnya penggunaan PLTS atap. Sejauh ini, konsumen memang masih memerlukan edukasi terkait nilai dan manfaat dari penggunaan PLTS atap.

“Saat ini sematan PLTS atap sebagai fitur kelengkapan rumah atau ruko sudah menjadi kelengkapan standar. Jadi ini sangat mendukung dan diperlukan,” tutur Nawawi.

Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi menuturkan, pihaknya masih menyerahkan pilihan untuk penggunaan PLTS atap kepada pembeli. Meski begitu, beberapa Gedung Sinar Mas Land telah memanfaatkan pembangkit listrik ramah lingkungan itu.

“Untuk ke depannya tentu saja dipertimbangkan untuk menggunakan energi terbarukan. Apakah akan wajib ada di setiap produk rumah atau tidak? sampai saat ini masih dipelajari untuk ke arah sana,” ujarnya.

Menurutnya, pemanfaatan PLTS atap harus memperhatikan luasan atap dan kekuatan strukturnya karena harus menambahkan instrument panel surya di atas atap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper