Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontraksi Kinerja Penjualan Eceran Diprediksi Berlanjut di Agustus 2021

kendati mengalami kontraksi tipis, kinerja penjualan eceran pada periode tersebut membaik jika dibandingkan dengan periode Juli 2021 yang terkontraksi -2,9 persen yoy.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 September 2021  |  14:23 WIB
Kontraksi Kinerja Penjualan Eceran Diprediksi Berlanjut di Agustus 2021
Warga berolahraga saat PPKM level 3 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/8/2021). Memasuki PPKM level 3 warga Jakarta mulai antusias beraktivitas olahraga di ruang terbuka. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja penjualan eceran pada Agustus 2021 diperkirakan masih mengalami kontraksi sebesar -0,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Meski mengalami kontraksi tipis, kinerja penjualan eceran pada periode tersebut membaik jika dibandingkan dengan periode Juli 2021 yang terkontraksi -2,9 persen yoy.

Berdasarkan Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI), membaiknya kinerja sektor tersebut akan ditopang oleh perbaikan hampir seluruh kelompok.

“Mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan, terutama bahan bakar kendaraan bermotor dan makanan, minuman, dan tembakau yang tercatat positif, masing-masing sebesar 10,7 persen yoy dan 7,3 persen yoy,” tulis BI dalam laporannya, Kamis (9/9/2021).

Sementara itu, beberapa kelompok lainnya masih mencatatkan kontraksi namun membaik, yaitu kelompok suku cadang dan aksesori sebesar -3,5 persen yoy dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Secara bulanan, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2021 diperkirakan tumbuh positif sebesar 4,3 persen (month-to-month/mtm).

Kelompok yang mencatatkan pertumbuhan tinggi, di antaranya kelompok suku cadang dan aksesoris, serta bahan bakar kendaraan bermotor, masing-masingnya sebesar 24,9 persen mtm dan 13,4 persen mtm, dari sebelumnya kontraksi -24,7 persen mtm dan -22 persen mtm.

Peningkatan tersebut terindikasi sejalan dengan aktivitas yang mulai meningkat sejalan dengan pelonggaran PPKM di beberapa wilayah.

Adapun pada Juli 2021, sebagian besar kelompok mengalami kontraksi, terdalam pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi sebesar -36,5 persen yoy.

Kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya juga mencatatkan kontraksi yang dalam, sebesar -22,3 persen yoy dan barang budaya dan rekreasi sebesar -20 persen yoy.

Di sisi lain, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor dan kelompok makanan, minuman, dan tembakau tumbuh melambat masing-masing menjadi sebesar 4,5 persen yoy dan 6,7 persen yoy, dari bulan sebelumnya sebesar 47,4 persen yoy dan 7,3 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia penjualan eceran PPKM
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top