Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Harga Tes PCR dan Antigen Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air

Sejumlah maskapai memberikan harga yang bervariasi untuk tes PCR dan antigen bagi penumpang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 Agustus 2021  |  14:48 WIB
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.  - Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah maskapai memberikan tarif khusus bahkan menggratiskan tes PCR dan swab antigen bagi penumpangnya untuk mengantisipasi tingginya biaya pemeriksaan tersebut.

Lion Air Group misalnya bersama PT Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) menyediakan voucer sebesar Rp 475.000 di Jabodetabek untuk satu kali RT- PCR. Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan saat ini Pengembangan kerja sama ditingkatkan, dengan penambahan lokasi strategis untuk pengambilan sampel RT-PCR terbaru.

Lokasinya berada di Kota Jakarta yakni Kantor Pusat Lion Air Tower, Kota Medan di Rumah Sakit Umum Siti Hajar, Rumah Sakit Rasyida Siantar. Dengan penambahan ketiga lokasi pengambilan sampel tersebut menjadikan Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan kerja sama menyediakan 13 jaringan area Jabodetabek dan di Sumatera Utara.

“Kerja sama itu menyediakan voucer sebesar Rp475.000 di Jabodetabek untuk satu kali RT- PCR. Hasil uji setelah pengambilan sampel RT-PCR akan keluar rata-rata 12-24 jam,” ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Hasil tes RT-PCR menggunakan metode thermal cycler (teknik amplifikasi DNA) dan TCM (tes cepat molekuler), pelaksanaan pemeriksaan terpusat di C.229 Laboratorium Rumah Sakit Kartika Pulomas, DKI Jakarta, kemudian C.779 Laboratorium RSU Siti Hajar Kota Medan Laboratorium dan faskes ini merupakan laboratorium yang terafiliasi Kementerian Kesehatan.

Selain Lion Air, Sriwijaya Air mengenakan tarif Rp550.000 bagi penumpangnya yang hendak melakukan tes PCR/Swab dengan hasil pemeriksaan selama 1 hari.

Adapun lokasi, Swab Test PCR yang berlokasi di Jakarta berada di Lab Swabaja Sunda Kelapa dengan jam operasi setiap hari Pukul 09.00 – Pukul 21.00. Kemudian Lab Swabaja dengan Jam Operasi Senin – Sabtu Pukul 09.30 – Pukul 17.30.

Untuk lokasi Semarang berada di Sriwijaya Distrik Semarang dnegan jam operasi Senin – Sabtu Pukul 08.00 – Pukul 17.30. Selanjutnya, Sriwijaya distrik Surabaya dengan jam operasi Senin – Jumat Pukul 18.00 – Pukul 17.00. Untuk Sabtu mulai pukul 08.00 – pukul 13.00. Lokasi lainnya ada di Sriwijaya distrik Makassar dengan jam operasi pukul 09.00 – pukul 16.00 (Senin – Jumat). Sedangkan Sabtu Pukul 10.00 – Pukul 14.00.

Terbaru, Citilink menggratiskan tes PCR atau Antigen bagi penumpangnya untuk periode Pembelian 12 Agustus 2021 - 17 Agustus 2021 dan periode terbang pada 13 Agustus - 30 September 2021. Penggratisan ini hanya untuk kuota 500/hari untuk pembelian tercepat, dan setelahnya akan mendapatkan 150/ hari untuk antigen.

Setelah kuota per hari habis, penumpang selanjutnya ditawarkan harga khusus PCR Rp475.000 atau Rapid Antigen Rp150.000 transaksi pembelian PCR dan Antigen di website www.pasporsehat.com melalui kanal berlogo Citilink.

Gratis PCR atau Antigen berlaku di 9 kota keberangkatan yakni Jakarta (CGK dan HLP), Bandung (BDO), Surabaya (SUB), Bali (DPS), Medan (KNO), Balikpapan (BPN), Semarang (SRG), Makassar (UPG), dan Manado (MDC). Syarat gratis PCR atau Antigen hanya berlaku untuk pembelian tiket Ciitlink hanya berlaku melalui BetterFly App dan Website Citilink dan hanya untuk satu kali perjalanan (oneway)

Program ini tidak dapat direfund, atau dipindahtangankan. Nama saat pendaftaran klaim Gratis PCR atau Antigen harus sesuai dengan nama pada pemesanan tiket Citilink. Apabila melakukan perubahan jadwal, maka Gratis PCR atau Antigen akan mengikuti, namun tetap mengacu pada batas periode terbang yaitu maksimal 30 September 2021.

Klaim PCR atau Antigen hanya dapat dilakukan maksimal 30 jam sebelum jam keberangkatan. Masa berlaku Gratis PCR atau Antigen sampai dengan tanggal keberangkatan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top