Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komodo Perlambat Penataan Wisata Alam di Loh Buaya

Kalau ada komodo yang lewat atau berada di sekitar lokasi penataan, maka semua aktivitas harus dihentikan sementara waktu sampai komodo meninggalkan lokasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Juli 2021  |  07:07 WIB
Ilustrasi komodo berhadapan dengan truk proyek penataan sarana dan prasarana wisata alam. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @Twitter Kawan Baik Komodo
Ilustrasi komodo berhadapan dengan truk proyek penataan sarana dan prasarana wisata alam. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @Twitter Kawan Baik Komodo

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim progres penataan sarana dan prasarana wisata alam di lembah Loh Buaya, Pulau Rinca, Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah mencapai 94,17 persen.

“Penataan sarana dan prasarana wisata alam di lembah Loh Buaya per 23 Juli 2021 sudah mencapai 94,17 persen,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang Nistyantara, Rabu (28/7/2021).

Penataan sarana dan prasarana di Loh Buaya itu terdiri dari pembangunan Dermaga Loh Buaya, pengaman pantai, elevated deck, pusat informasi, dan pondok ranger/peneliti/pemandu yang berada pada lokasi sarana prasarana yang lama.

Pembangunan sarana dan prasarana di lembah Loh Buaya itu mendapat izin lingkungan pada 4 September 2020, dan telah sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 16/2020 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup.

Menurut dia, penataan sarana dan prasarana tersebut tidak bisa selesai tepat waktu karena terkendala persoalan di lapangan.

Misalnya, kata dia, kalau ada komodo yang lewat atau berada di sekitar lokasi penataan, maka semua aktivitas harus dihentikan sementara waktu sampai komodo meninggalkan lokasi.

“Jadi kalau ada komodo di area sekitar lokasi, maka petugas menghentikan aktifitas. Ini dilakukan hampir setiap hari, karena kami harus tetap menjaga keberadaan komodo,” katanya.

Sebanyak 5—10 orang ranger per hari ditugaskan untuk mengamankan satwa dan pekerja selama proses pembangunan sarana dan prasarana di Loh Buaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komodo Kementerian PUPR

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top