Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentra Vaksin Covid-19 di Bandara Soetta, 570 Penumpang Telah Divaksin

Seiring dengan penerapan PPKM Darurat Jawa–Bali hingga 20 Juli 2021 mendatang, pemerintah mewajibkan penumpang pesawat yang menuju dan dari Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat hasil RT-PCR.
Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2 dan Terminal 3 mulai dibuka, Sabtu (3/7/2021). /AP II
Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2 dan Terminal 3 mulai dibuka, Sabtu (3/7/2021). /AP II

Bisnis.com, JAKARTA — Bandara Soekarno-Hatta membuka Sentra Vaksinasi di Terminal 2 dan Terminal 3 bagi calon penumpang pesawat yang telah memiliki tiket penerbangan sejalan dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Jawa—Bali mulai 3 Juli 2021.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta ini untuk mendukung agar calon penumpang pesawat senantiasa memenuhi protokol kesehatan pada PPKM Darurat Jawa–Bali, juga untuk mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah guna mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) di tengah pandemi ini.

Seperti diketahui, dengan berlakunya PPKM Darurat Jawa–Bali hingga 20 Juli 2021 mendatang, mewajibkan penumpang pesawat yang menuju dan dari Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat hasil RT-PCR.

“Pada pelaksanaan hari pertama Sentra Vaksinasi Terminal 1 dan Terminal 2 di Bandara Soekarno-Hatta, animo calon penumpang pesawat cukup tinggi untuk melakukan vaksinasi di kedua lokasi vaksinasi tersebut. Total pada pelaksanaan hari pertama ini sedikitnya 570 orang,” katanya melalui siaran pers, Minggu (4/7/2021).

Awal juga menuturkan pada pelaksanaan hari pertama Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta juga berjalan lancar, seluruh prosedur vaksinasi dijalani dengan baik oleh calon penerima vaksinasi yang juga calon penumpang pesawat, mulai dari registrasi, proses skrining, vaksinasi, hingga observasi setelah vaksinasi. Kami berkomitmen selalu menjaga kelancaran proses ini.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan yang ikut meninjau sentra vaksin mengatakan dengan melakukan vaksinasi sebanyak mungkin, akan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kenaikan kasus saat ini.

“Kami melihat alur vaksinasi yang berada di Bandara. Setiap terminal di Bandara Soetta telah menyediakan sentra vaksinasi, termasuk juga pelabuhan seperti Ketapang dan Merak, sehingga seluruh masyarakat yang akan berpergian telah menjalankan vaksin minimal 1 (satu) dosis pertama,” ujar Luhut.

Di luar itu, Luhut juga mengingatkan selama PPKM Darurat ini kita harus lebih ketat menjaga protokol kesehatan dan mengurangi mobilisasi.

Saat ini, sentra Vaksinasi Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan di area seluas sekitar 300 meter persegi, terletak di area kedatangan 2E dan beroperasi pada pukul 08.00–17.00 WIB. Sementara itu Sentra Vaksinasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan di area seluas sekitar 485 meter persegi, terletak di West Lobby Kedatangan Domestik dan beroperasi pada pukul 08.00–16.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper