Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Suntik Tambahan Daya 40 MVA ke Gunung Raja Paksi

Saat ini, PT Gunung Raja Paksi terdaftar sebagai pelanggan dengan kontribusi kWh jual dan pendapatan tertinggi di UP3 Cikarang.
Pekerja sedang memeriksa jaringan listrik PLN./Bisnis
Pekerja sedang memeriksa jaringan listrik PLN./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA —  PLN merealisasikan penambahan daya pelanggan tegangan tinggi PT Gunung Raja Paksi Tbk. sebesar 40 MVA, dari daya 105 MVA menjadi 145 MVA dengan layanan premium.

Proses penambahan daya ini dilakukan hanya dalam 24 jam setelah penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik oleh PLN UID Jawa Barat dan PT Gunung Raja Paksi Tbk. (GGRP).

PT Gunung Raja Paksi Tbk. membutuhkan tambah daya listrik untuk meningkatkan produksi baja dengan mengoperasikan electric art furnace tambahan. Hal ini merespons tingginya pesanan produk baja dari berbagai konsumen, baik kebutuhan dalam negeri maupun pasar global.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha mengatakan, PT Gunung Raja Paksi Tbk. merupakan salah satu pelanggan premium PLN Jawa Barat.

“Melalui realisasi penambahan daya ini diharapkan akan memberikan tambahan penjualan sebesar 8 juta kWh per bulan dan tambahan pendapatan senilai Rp8,2 miliar per bulan. Hal ini tentu saja akan berdampak baik bagi perekonomian Indonesia, khususnya Jawa Barat,” kata Agung dikutip dari siaran pers, Kamis (1/7/2021).

Guna mendukung keandalan pasokan, PLN telah meningkatkan kapasitas IBT (interbus transformer) di GITET Deltamas dan menambahkan kapasitas penghantar dengan pembangunan SKTT (saluran kabel tegangan tinggi) dari GITET (gardu induk tegangan ekstra tinggi) Deltamas sampai GI (gardu induk) Raja Paksi.

Dari sisi sistem, pelanggan Gunung Raja Paksi Tbk. dipasok 150 kV dari subsistem Deltamas melalui GI Raja Paksi sebagai pelanggan premium untuk meningkatkan keandalan GI Raja Paksi dapat juga di supply oleh line bay cadangan dari sub sistem Cibatu 1 dan 2.

PT Gunung Raja Paksi Tbk. yang merupakan bagian dari Gunung Steel Group menjadi salah satu perusahaan baja swasta terbesar di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, PT Gunung Raja Paksi Tbk. memproduksi 2,8 juta ton baja per tahun yang telah mendapat sertifikasi nasional maupun Internasional.

Saat ini, PT Gunung Raja Paksi terdaftar sebagai pelanggan dengan kontribusi kWh jual dan pendapatan tertinggi di UP3 Cikarang serta mempunyai dua layanan sambungan tegangan tinggi dengan total daya 275 MVA.

Presiden Direktur PT Gunung Raja Paksi Tbk. A.G.W. Sangkaeng mengapresiasi kecepatan layanan PLN dalam proses penyambungan penambahan daya.

“Terima kasih kepada PLN atas suksesnya penambahan daya ini. Ini sekaligus menjadi momen langka bagi kami di tengah pandemi, bisa melakukan tambah daya. Kedengarannya agak nekat, tetapi bukan tanpa alasan. Kami percaya Indonesia pasti bangkit, dan kami saat ini bisa menjalankan apa yang bisa kami jalankan, sehingga ketika Indonesia bangkit, kami sudah siap. Ini menunjukkan kami akan berkembang bersama-sama dengan pemerintah Indonesia, khususnya dengan PLN,” kata Sangkaeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper