Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggaran Hampir Rp800 Triliun, Menkeu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Penyaluran TKDD

Realisasi penyaluran TKDD hingga April 2021 adalah sebesar Rp233,21 triliun atau setara dengan 29,3 persen dari total pagu anggaran yaitu Rp795,5 triliun.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  14:12 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020)  -  Foto: Kemenkeu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020) - Foto: Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat untuk lebih memahami dan mengawasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Menurutnya, hal tersebut penting karena merupakan sepertiga dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini tidak gampang untuk benar-benar mengajak masyarakat untuk tahu dan TKDD itu sebenarnya penting banget karena sepertiga dari APBN,” ujarnya dalam Final Lomba Bedah Data APBD secara virtual, Selasa (8/6/2021). 

Tidak hanya memahami, Sri Mulyani juga mengajak masyarakat untuk bisa ikut mengawasi belanja TKDD yang mendekati Rp800 triliun.

Maka itu, dia menilai penting bagi masyarakat untuk memahami TKDD agar bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait dengan bagaimana anggaran tersebut dibelanjakan.

“Maka itu saya ingin berterima kasih kepada teman-teman DJPK yang terus berupaya meningkatkan awareness serta pemahaman masyarakat terhadap salah satu segmen APBN yang penting ini,” kata Menkeu. 

Adapun, Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyaluran TKDD hingga April 2021 adalah sebesar Rp233,21 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 29,3 persen dari total pagu anggaran yaitu Rp795,5 triliun.

Secara tahunan, pertumbuhan realisasi TKDD terkontraksi 3,4 persen yang disebabkan oleh realisasi TKDD sebesar Rp241,33 triliun pada April 2020, atau sebesar 31,6 persen dari total pagu anggaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn apbd kemenkeu sri mulyani dana desa
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top