Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transportasi Pengaruhi Biaya Logistik hingga 40 Persen

Sektor transportasi memiliki pengaruh cukup besar terhadap aktivitas logistik dengan memberikan kontribusi hingga 40 persen dari total biaya.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  16:46 WIB
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor transportasi memberikan kontribusi hingga 40 persen dari total biaya logistik.

Ketua Dewan Pakar ALI Nofrisel mengatakan terdapat beberapa variabel yang menjadi penentu di sektor logistik, di antaranya adalah transportasi, pergudangan, ekspor-impor, packaging dan lainnya.

"Diantara seluruh aktivitas itu maka yang terbesar pengaruhnya adalah transportasi, hampir mencapai 40 persen dari performance dan kinerja dari biaya kita di dunia logistik," katanya, Senin (7/6/2021).

Dia menyebut kegiatan pembangunan infrastruktur, pembenahan pelabuhan dan berbagai kegiatan lain yang terkoneksi dengan kawasan industri akan memberikan dampak secara langsung terhadap kemudahan mendapatkan barang dan jasa.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan sektor transportasi siap mendukung kebijakan pemerintah melalui berbagai program subsidi baik angkutan penumpang, angkutan logistik dan mendorong revitalisasi serta pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

Menurutnya, meski seluruh sektor tranportasi terpukul karena pandemi Covid-19, keberadaan sektor tersebut tetap menjadi lokomotif yang terus berdenyut bahkan menjadi penopang sektor lain untuk terus bergerak.

"Untuk memenuhi harapan agar roda perekonomian nasional tetap bergulir [di masa pandemi] khususnya di sektor transportasi, dapat saya pastikan siap untuk mendukung kebijakan pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebut pengelolaan pergerakan manusia hingga arus logistik dapat berjalan dengan baik tidak terlepas dari dukungan transportasi. Oleh karenanya, dia mengajak seluruh masyarakat turut mengampanyekan kolaborasi konektivitas logistik pacu ekonomi demi memulihkan kembali perekonomian.

"Saya mengajak untuk bersama-sama mensukseskan kampanye kolaborasi ini dengan ikut menyebarluaskan pesan-pesan positif peranan penting transportasi untuk melancarkan angkutan logistik dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi logistik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top