Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Airlangga Dorong Alumni Kartu Prakerja, Buka Usaha Kopi dan Layanan Digital

Airlangga mengatakan alumni Kartu Prakerja dapat merintis bisnis warung kopi dan keagenan digital yang akan hadir di desa dan kelurahan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  09:08 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menemui alumni Kartu Prakerja yang kini menjalankan bisnis Warkop Digital di Bogor, Jawa Barat - Warkop Digital
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menemui alumni Kartu Prakerja yang kini menjalankan bisnis Warkop Digital di Bogor, Jawa Barat - Warkop Digital

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mendorong alumni program Kartu Prakerja untuk berani merintis usaha, salah satunya warung kopi dan layanan digital.

Menurutnya, alumni Kartu Prakerja dapat menjadi salah satu dari ratusan keagenan digital yang akan hadir di desa dan kelurahan.

“Sebagai bentuk dukungan pemberdayaan kepada wirausaha Alumni Kartu Prakerja yang berkelanjutan, pemerintah memberikan fasilitasi pembiayaan KUR Super Mikro bagi wirausaha alumni peserta Program Kartu Prakerja yang terkena PHK,” ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Senin (7/6/2021).

Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan nasional dapat mencapai 3,9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru 4 persen pada 2024.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut menegaskan pemerintah siap memberikan dukungan berupa akses permodalan bagi para alumni Kartu Prakerja yang kini sudah mencapai 16 gelombang. PMO Kartu Prakerja sedang membuka pendaftaran gelombang 17.

“Para lulusan dari program kartu prakerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro yang besarnya di bawah Rp10 juta," jelasnya.

Dalam acara talkshow “Antara Tren, Produk, dan Konsumen” di Hotel Papandayan Bandung, Airlangga Airlangga Hartanto menekankan kepada Alumni Prakerja untuk berani wirausaha dengan KUR Super Mikro. Salah satunya buka Warkop Digital di tiap desa atau kelurahan.

Kemenko Perekonomian menegaskan siap memfasilitasi peluang permodalan KUR Super Mikro khusus bagi Alumni Prakerja. Warkop Digital merespon kesempatan tersebut dengan ikut berpartisipasi dan mendukung Alumni Prakerja untuk wujudkan usaha Warung Kopi Digital di Bandung, Jawa Barat.

Penggagas Warkop Digital Dedi Yudianto mengatakan kehadiran program tersebut akan menyokong kampanye digitalisasi UMKM Pemerintah dan berpotensi mewujudkan 10 juta lapangan pekerjaan, terutama untuk membangun ekonomi desa pasca pandemi Covid-19.

"Program Warkop Digital dapat memberikan basis ekonomi digital di setiap desa," ujar Dedi.

Pada tahun 2020, Bencoolen Coffee menjadi salah satu mitra edukator pelatihan Prakerja dengan kelas “Barista Pemula & Wirausaha Kopi Kekinian dengan Modal Minim” dan telah memiliki total 21.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Para alumni dipersiapkan untuk menjadi calon wirausaha dalam bidang industri perkopian dan layanan digital yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, saat ini Bencoolen Coffee sedang membangun Warkop Digital untuk fasilitasi wadah kumpul digital dengan dukungan kopi Bengkulu sebagai penggerak, serta melibatkan berbagai jenis kopi dari sabang sampai Merauke untuk dihidangkan di setiap Warkop Digital di desa dan kelurahan.

Warung Kopi Digital merupakan program wirausaha mandiri dengan pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses dan pelayanan informasi serta membangun usaha mikro guna memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dedi mengatakan Warkop Digital bukan hanya sebagai pusat bisnis UMKM desa, tetapi juga pembelajaran digital.

"Semuanya akan dikelola oleh alumni Kartu Prakerja yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikat. Alumni Kartu Prakerja dapat menjadi salah satu dari ratusan keagenan digital yang akan hadir di desa dan kelurahan," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kopi airlangga hartarto
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top