Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri ESDM : Netral Karbon Sektor Energi Ditargetkan pada 2060

Salah satu strategi untuk mencapai target netral karbon tersebut adalah dengan mengembangkan secara masif energi baru terbarukan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  17:24 WIB
Energi terbarukan - Istimewa
Energi terbarukan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menargetkan netral karbon di sektor energi dapat dicapai pada 2060 atau lebih cepat.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam acara Indonesia Norway Investment Opportunities in Hydro and Solar Energy in Indonesia, Senin (7/6/2021).

"Dalam simulasi long term perencanaan supply dan demand sektor energi, kami menargetkan untuk mencapai netral karbon pada 2060 atau lebih cepat dengan bantuan internasional lewat sejumlah strategi," ujar Arifin.

Salah satu strategi untuk mencapai target netral karbon tersebut adalah dengan mengembangkan secara masif energi baru terbarukan (EBT), seperti pembangkit listrik tenaga surya, angin, biomassa, panas bumi, air, energi laut, nuklir, hidrogen, dan battery energy storage system.

Selain itu, juga mengurangi penggunaan sumber energi fosil dengan menerapkan program co-firing biomassa pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), memensiunkan PLTU dan pembangkit listrik combined cycle (CCPP) tua,  mengonversi pembangkit listrik diesel ke pembangkit EBT, serta mengaplikasikan teknologi carbon capture, utilization, and storage (CCUS) pada pembangkit listrik fosil.

"PLTU terakhir pensiun pada 2058 dan CCPP pada 2054," kata Arifin.  

Dalam upaya mencapai netral karbon, dia menuturkan bahwa pemerintah juga akan melakukan interkoneksi transmisi jaringan listrik di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, serta mengembangkan smart grid, dan meningkatkan pemanfaatan kendaraan listrik pada 2030 sebanyak 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit motor listrik.

Adapun, pemerintah menargetkan pengurangan emisi CO2 di sektor energi dapat mencapai 314 juta ton CO2 pada 2030. Hingga 2020, realisasi penurunan emisi CO2 mencapai 64,4 juta ton CO2.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan emisi karbon
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top