Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Bangun LRT di Medan, MTI: Perjanjian Pemda dan DPRD Harus Jelas

Harus ada kejelasan pembagian wewenang dan kewajiban antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Perjanjian yang dimaksud harus dalam bentuk tertulis sehingga jika ada penggantian kepala daerah tidak menafikan perjanjian masa lalu.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  20:38 WIB
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) melintas ANTARA FOTO - Nova Wahyudi\r\n
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) melintas ANTARA FOTO - Nova Wahyudi\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menanggapi rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun Light Rail Transit (LRT) di Medan.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan pemerintah harus belajar dari kasus LRT di Palembang.

"Kalau bangun LRT di Medan harus belajar dengan kasus LRT di Palembang. Sebelum LRT dibangun, harus ada perjanjian yang jelas Pemda dan DPRD setempat agar kasus LRT di Palembang tidak terulang lagi," katanya kepada Bisnis.com, Minggu (30/5/2021).

Menurutnya, harus ada kejelasan pembagian wewenang dan kewajiban antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Perjanjian yang dimaksud harus dalam bentuk tertulis sehingga jika ada penggantian kepala daerah tidak menafikan perjanjian masa lalu.

"Harus ada keberlanjutan pengelolaan transportasi umum di daerah," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap rencana pembangunan LRT Medan di sela kunjungan kerja ke Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (29/5/2021).

Proyek LRT Medan bahkan sudah didiskusikan bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Rencana pembangunan LRT Medan masuk dalam agenda pembahasan rencana pengembangan angkutan massal di Medan.

“Saya apresiasi Pemprov Sumut dan Pemkot Medan yang begitu antusias untuk menjadikan angkutan massal sebagai angkutan masa depan. Kami berdiskusi soal kereta api, Light Rail Transit [LRT], dan Bus Rapid Transit [BRT],” jelasnya.

Lebih lanjut terkait rencana pembangunan LRT di kota Medan, Budi mengungkapkan bahwa kota Medan menjadi salah satu dari sejumlah kota di Indonesia yang akan dibangun LRT.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki 2 LRT yang telah beroperasi, yakni LRT Palembang dan LRT Jakarta. Sementara itu, LRT Jabodebek sampai saat ini masih dalam tahap konstruksi.

“Kita merencanakan pembangunan LRT dan Bank Dunia [World Bank] memilih Medan sebagai salah satu pilihan untuk dikembangkan selain Bandung,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut LRT
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top