Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Harga Rumah Tapak di Australia Tercepat dalam 32 Tahun

Di tengah pandemi corona, harga perumahan di Austgralia melesat cepat, bahkan pertumbuhannya merupakan yang tercepat sejak 1988 atau selama 32 tahun terakhir.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  02:01 WIB
Properti di Australia. - Bloomberg
Properti di Australia. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Meski pandemi virus corona jenis Covid-19 belum jelas kapan berakhir, harga perumahan tapak di Australia meningkat, menurut perusahaan penyedia data properti CoreLogic.

Head of Research at CoreLogic Eliza Owen mengemukakan bahwa harga rumah di Australia tumbuh 2,8 persen pada Maret. Angka ini merupakan kenaikan tercepat dalam 32 tahun terakhir.

"Pasar hunian Australia telah mencapai rekor tertinggi baru selama bulan terakhir, tetapi akhir April menandai pertama kalinya nilai total perumahan Australia menembus Aus$8 triliun," ujarnya seperti yang dikutip dari laporan Property Guru pada Senin (17/5/2021).

Sejak Desember 1988, tingkat pertumbuhan kuartalan tercepat terjadi dalam 3 bulan hingga April karena harga rumah melonjak 6,8 persen di Australia. Kenaikan harga rumah ini terjadi di kota-kota utama Australia.

Pihaknya meyakini tahun ini harga rumah di Australia mencapai puncaknya. "Meski terjadi pandemi, harga rumah tetap mengalami pertumbuhan. Tahun ini harga rumah akan mencapai puncaknya," kata Owen.

Pada awal Maret lalu, Goldman Sachs Group memprediksi bahwa harga rumah di Australia naik 10 persen tahun ini, didorong suku bunga rendah dan sentimen membaik, tetapi ada risiko termasuk potensi Reserve Bank of Australia (RBA) lebih hawkish (kecenderungan menaikkan suku bunga acuan).

Prospek konstruksi perumahan dan omzet juga menguat dalam beberapa bulan terakhir, ungkap perusahaan jasa finansial dan bank investasi tersebut.

Dikombinasikan dengan efek kekayaan yang positif, Goldman memperkirakan "dorongan keseluruhan industri perumahan terhadap PDB tahunan akan berada di sekitar +1 poin persentase" selama beberapa tahun mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti australia harga rumah
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top