Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Larangan Mudik Masih Berlaku, 13.098 Tiket KAI Dipesan Hari Ini

Pada Minggu (16/5/2021) sudah terdapat 13.098 tiket yang dipesan, tetapi belum tentu semua diizinkan berangkat karena perlu diverifikasi terlebih dahulu sebelum keberangkatan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  16:14 WIB
Suasana gerbong kereta Argo Parahyangan jurusan Gambir - Bandung terlihat kosong dari penumpang di Stasiun gambir, Jakarta, Jumat (27/3). Bisnis - Dedi Gunawan
Suasana gerbong kereta Argo Parahyangan jurusan Gambir - Bandung terlihat kosong dari penumpang di Stasiun gambir, Jakarta, Jumat (27/3). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI mencatat sebanyak 13.098 tiket sudah dibeli oleh penumpang pada Minggu (16/5/2021), tapi tak semuanya diizinkan berangkat karena masih dalam periode larangan mudik 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa pada Minggu (16/5/2021) sudah terdapat 13.098 tiket yang dipesan, tetapi belum tentu semua diizinkan berangkat karena perlu diverifikasi terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Sementara itu, pada Sabtu (15/5/2021), terdapat 7.532 pelanggan yang menggunakan KA jarak jauh (KAJJ)

Perseroan juga terus mengingatkan bahwa perjalanan KAJJ pada masa peniadaan mudik yaitu 6 Mei 2021—17 Mei 2021 adalah untuk melayani orang-orang yang dikecualikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah, bukan untuk kepentingan mudik ataupun balik lebaran.

"Dari data penjualan tiket yang ada pada Minggu, belum tentu penumpang yang membeli tiket bisa berangkat. Semuanya tetap harus diverifikaai karena masih masuk dalam periode larangan mudik 2021," ujarnya.

Adapun, syarat untuk naik KAJJ yaitu menyertakan surat izin perjalanan dari atasan bagi pegawai atau kepala desa/lurah bagi masyarakat umum serta surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. Untuk syarat dan ketentuan selengkapnya dapat dilihat pada web kai.id dan aplikasi KAI Access.

Orang-orang yang dikecualikan tersebut adalah orang yang memiliki kepentingan untuk bekerja, perjalanan dinas, mengunjungi keluarga sakit, kunjungan duka dikarenakan anggota keluarga meninggal, perjalanan ibu hamil, dan kepentingan non mudik lainnya.

Sejauh ini, kata dia, tak ada kendala yang berarti dalam operasi larangan mudik. Seluruh pelayanan dan operasional kereta api berjalan seperti biasa, hanya saja terdapat proses verifikasi yang harus dijalani oleh calon pelanggan.

BUMN Kereta itu juga mengaku secara konsisten dan ketat menerapkan protokol kesehatan saat di stasiun maupun selama dalam perjalanan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Mudik Lebaran
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top