Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Langka, Pengemudi Ojol Diperkirakan Ramai Kembali Senin Mendatang

Kondisi kesulitan yang dialami masyarakat selama beberapa hari ini untuk memesan ojek online diperkirakan berkaitan dengan bonus para pengemudi ojol.
Warga mengorder ojek online di Jakarta./Bisnis-Abdurahman
Warga mengorder ojek online di Jakarta./Bisnis-Abdurahman

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah masyarakat kesulitan mendapatkan pengemudi ojek online untuk motor, mobil, pengantaran makanan hingga pengiriman barang selama libur lebaran, kondisi tersebut diperkirakan kembali normal seperti biasa pada Senin (17/5/2021).

“Nah jadi kalau kami prediksi sekitar hari Senin 17 Mei sudah mulai normal kembali order. [Untuk] calon penumpang atau [pembuat] order, sudah banyak ojek online yang mulai aktif kembali,” jelas Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono kepada Bisnis, Sabtu (15/5/2021).

Adapun, menurut Igun, kondisi kesulitan yang dialami masyarakat selama beberapa hari ini berkaitan dengan bonus para pengemudi ojol. Para pengemudi ojol juga lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah saat Idulfitri 1442 H. Terlebih, bonus yang mereka dapatkan saat libur lebaran berkurang.

Igun lalu menilai hal tersebut wajar karena biasanya perusahaan memberikan bonus yang lebih besar. Sehingga, bonus menjadi pertimbangan bagi para pengemudi ojol untuk mengambil pesanan saat libur hari raya.

Apalagi jika besaran bonus lebih besar dari hari-hari kerja biasanya di luar hari raya seperti libur Lebaran. “Itu yang diharapkan teman-teman [ojol] sehingga mereka punya pertimbangan bahwa dengan bonus apa adanya sekarang dan tidak ada penambahan menjelang hari raya atau bonus khusus selama hari raya,” tambahnya.

Igun lalu berharap agar pemerintah mengeluarkan program bantuan untuk para pekerja sektor informal seperti pengemudi ojek daring. Lalu, di sisi perusahaan, Igun juga berharap kesejahteraan pengemudi ojol dapat lebih diperhatikan dengan menambahkan insentif atau bonus khususnya pada hari raya.

“Sehingga teman-teman ojek online merasa sangat dihargai apalagi yang tetap mencari order saat seharusnya mereka libur. Nilai besarannya juga harus lebih besar dari bonus harian biasa,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper