Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masa Peniadaan Mudik, Lion Air Group Lakukan Perawatan Seluruh Armada

Masa peniadaan mudik dimanfaatkan Lion Air Group untuk mengoptimalkan perawatan dan pemeliharaan pesawat udara.
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air Group memanfaatkan dan mengoptimalkan masa peniadaan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan pesawat udara yang beroperasi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan perusahaan senantiasa berkomitmen dalam menjalankan setiap operasional penerbangan dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19.

"Lion Air Group mempersiapkan semua armada yang akan dioperasikan menurut kebutuhan, terdiri dari tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600," katanya dalam siaran pers, Selasa (11/5/2021).

Dalam kondisi masa waspada pandemi Covid-19, dia menyebut Lion Air Group secara konsisten (terstruktur dan terjadwal) menjalankan semua pemeliharaan, pengecekan pesawat udara menurut program perawatan secara berjadwal dan tidak berjadwal.

Terlebih lanjutnya, di tengah masa peniadaan mudik 2021, Lion Air Group mengoperasikan penerbangan sewa (charter) untuk layanan pengangkutan kargo dan penumpang khusus secara grup.

"Situasi tersebut, rata-rata 90 persen pesawat udara Lion Air Group tidak diterbangkan," sebutnya.

Oleh karenanya, Danang menuturkan bahwa situasi inilah yang dimanfaatkan Lion Air Group untuk mengoptimalkan perawatan dan pemeliharaan pesawat udara dengan tatap fokus pada fase pengerjaan sebagai berikut:

Pertama, pengecekan dan pemeliharaan komponen pesawat. Pemeriksaan dan perawatan kinerja (performa) secara komprehensif dari seluruh komponen pesawat udara, yaitu pada mesin, perangkat tambahan daya, navigasi, peralatan komunikasi, hiburan dalam penerbangan, fasilitas pesawat dan lainnya yang terkait.

Kedua, sterilisasi pesawat. Proses sterilisasi mencakup disinfection, disinsection, fummigasi, dan deepcleaning. Menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku.

"Area detail mencakup ruang kokpit, toilet, dapur, kompartemen bagasi, meja lipat pada kursi, sandaran kursi, penutup kursi bagian kepala, penutup jendela dan dinding kabin, karpet dan ruang kargo di bagian bawah kabin pesawat," jelasnya.

Ketiga, kebersihan pesawat dan peralatan pendukung. Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC), seperti pencucian dan membersihkan (lap) badan pesawat.

Selain itu, kebersihan diberlakukan untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

Keempat, pengecekan pesawat cadangan. Perawatan khusus untuk pesawat yang dipersiapkan sebagai cadangan, sesuai ketentuan dari pembuat (pabrikan) pesawat yang dikenal dengan prolong inspection.

"Perawatan pesawat udara dilaksanakan di pusat perawatan pesawat Lion Air Group – Batam Aero Technic dan di bandar udara [base station] dimana pesawat Lion Air Group berada. Seluruh prosedur yang dilakukan telah mengikuti aspek keselamatan yang dapat membantu untuk melaksanakan seluruh tahapan sampai selesai," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk di Base Maintenance Batam Aero Technic, dalam satu kali maintenance mampu merawat 15 unit yang terdiri dari pesawat berbadan lebar (wide body aircraft) seperti Airbus 330, pesawat berbadan sedang atau kecil (narrow body aircraft), antara lain Boeing 737, Airbus 320, ATR maupun Hawker, meliputi pekerjaan ringan sampai pekerjaan berat, termasuk painting full body pesawat, peremajaan interior pesawat, perawatan komponen pesawat dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper