Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mandalika Kebagian Kucuran Dana Hibah Pariwisata Rp3,7 Triliun 

Pemberian dana hibah pariwisata tersebut diharapkan mempercepat pengembangan kawasan tersebut sebelum gelaran MotoGP 2021.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  18:44 WIB
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation. - ITDC
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation. - ITDC

Bisnis.com, MATARAM – Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan mendapat dana hibah pariwisata 2021 senilai Rp3,7 triliun yang dialokasikan untuk pengembangan kawasan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif Sandiaga Uno yang melakukan kunjungan ke NTB menjelaskan dana hibah pariwisata tersebut digelontorkan ke Mandalika untuk pengembangan kawasan. Tak hanya itu, ia menjelaskan Mandalika berhak mendapatkan dana hibah karena selama ini sumbangan NTB terhadap kas negara terbilang besar.

"Tahun ini kami mengalokasikan dana hibah pariwisata Rp3,7 triliun untuk pengembangan kawasan Mandalika," jelas Sandi dikutip dari rilis pada Jumat (7/5/2021).  

Dengan dana hibah pariwisata, pengembangan kawasan pariwisata Mandalika dapat dipercepat dan tuntas sebelum gelaran MotoGP 2021. Selain itu dana hibah tersebut dapat memberikan manfaat bagi pelaku pariwisata. Kemenparekraf juga berencana mengalokasikan dana hibah untuk kawasan Geopark Rinjani. 

Sementara itu, progres pembangunan sirkuit Mandalika sudah mencapai 70 persen dengan pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) lapis pertama dan dilanjutkan dengan lapis kedua.

General Manager ITDC Mandalika Abdulbar W.Mansoer menjelaskan saat pembebasan lahan untuk penlok 2 untuk pembangunan fasilitas pendukung MotoGP. 

"Kami juga telah melakukan pembebasan 22 bidang lahan telah diselesaikan pembayaran dalam bentuk tunai langsung dengan total nilai Rp66,7 miliar, 6 bidang lahan seluas 13.182 m2 senilai Rp18 miliar, satu bidang tanah  merupakan tanah wakaf berupa 22 bidang lahan telah diselesaikan pembayaran dalam bentuk tunai langsung dengan total nilai Rp66,7 miliar, 6 bidang lahan seluas 13.182 m2 senilai Rp18 miliar," ujar Bram.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenparekraf dana hibah KEK Mandalika
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top