Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menapak Jalan Keberlanjutan, ITM Dianugerahi TOP CSR Award

Penghargaan Top CSR Awards diberikan kepada perusahaan-perusahaan berbagai sektor bisnis, yang memiliki komitmen tinggi di bidang keberlanjutan. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM) menjadi salah satunya.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 29 April 2021  |  07:42 WIB
Foto: Wakil Direktur Utama, A.H. Bramantya Putra (nomor tiga dari kiri) dan CSR Head PT Indo Tambangraya Megah Tbk, Fiki Abubakar (nomor empat dari kiri), menerima trofi TOP CSR Award untuk kategori penghargaan Bintang 5 (rating tertinggi), TOP CSR Awards 2021 Program Lingkungan (Program Rehabilitasi DAS) dan TOP Leader in CSR yang diberikan kepada Mulianto, Direktur Utama ITM.
Foto: Wakil Direktur Utama, A.H. Bramantya Putra (nomor tiga dari kiri) dan CSR Head PT Indo Tambangraya Megah Tbk, Fiki Abubakar (nomor empat dari kiri), menerima trofi TOP CSR Award untuk kategori penghargaan Bintang 5 (rating tertinggi), TOP CSR Awards 2021 Program Lingkungan (Program Rehabilitasi DAS) dan TOP Leader in CSR yang diberikan kepada Mulianto, Direktur Utama ITM.

Bisnis.com, JAKARTA - Penghargaan yang kesekian kalinya untuk ITM menjadi penegasan akan keseriusan perusahaan energi berbasis batubara ini dalam mengelola operasinya dengan pendekatan keberlanjutan. ITM mendapatkan penghargaan Bintang 5 (rating tertinggi), TOP CSR Awards 2021 Program Lingkungan (Program Rehabilitasi DAS) dan TOP Leader in CSR yang diberikan kepada Direktur Utama ITM, Mulianto.

TOP CSR Award diberikan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan 8 lembaga independen terkemuka di bidang Tanggung Jawab Sosial, Tata Kelola, Pemberdayaan Masyarakat dan lain-lain. Awarding diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World pada tanggal 22 April 2021 yang lalu.

Ketua Dewan Juri, Mas Achmad Daniri, menjelaskan bahwa perhatian juri utamanya adalah pada keselarasan Corporate Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (CSR) dengan Strategi Bisnis dan Penerapan CSV (Creating Shared Value). Berikutnya, bentuk Program CSR Unggulan di masa Pandemi COVID-19, sejauh mana adopsi ISO 26000 di dalam pelaksanaan program berbasis CSR di mana di dalamnya tergambar Kebijakan dan Sistem Tata Kelola CSR yang dipraktikkan.

Foto: Area Rehab DAS PT Trubaindo Coal Mining (TCM) dan Bharinto Ekatama (BEK) di Bukit Soeharto, Kalimantan tengah, ditinjau Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Alue Dohong (25/5/21). Wamen terkesan dengan hasil Rehab DAS yang dirancang dan dikelola bersama Perusahaan dengan Universitas Mulawarman, Samarinda, sebagai Pemangku Wilayah.

Menjalankan Rehabilitasi DAS Terbesar

Dalam ajang TOP CSR 2021, ITM mengunggulkan program CSR terkait penanaman pohon dalam rangka Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehabilitasi DAS), yang telah dijalankan sejak tahun 2016. Rehabilitasi DAS adalah program yang diwajibkan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Perusahaan pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Rehab DAS ITM menarik karena mengandung unsur yang komprehensif sesuai dengan 7 subjek inti (seven core subject) CSR. Dimana didalamya kaya akan bentuk tanggung jawab perusahaan, diantaranya aspek kepatuhan dan tata kelola, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, kepedulian lingkungan serta keterlibatan pemangku kepentingan dalam mendukung keberlanjutan.

Foto: Program Rehab DAS oleh PT Jorong Barutama Greston (JBG) di Kalimantan Selatan mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi.

ITM hingga saat ini telah menyerahkan area rehabilitasi DAS seluas 9.164,8 hektare kepada Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Luasan itu terbagi dalam tanggung jawab empat anak perusahan ITM di Kalimantan Timur dan Selatan, yakni PT Indominco Mandiri, PT Kitadin site Tandung Mayang, PT Jorong Barutama Greston, dan PT Trubaindo Coal Mining.

Lebih dari apa yang dipersyaratkan Pemerintah, ITM telah melakukan upaya penting dalam menjalankan rehabilitasi DAS ini. Upaya tersebut adalah penyelamatan dan pengayaan hutan yang sekaligus sebagai sarana penelitian dan pendidikan yang langsung disupervisi oleh Perguruan Tinggi. ITM juga memberikan peningkatan kesadaran akan fungsi hutan melalui pendidikan anak usia sekolah di desa sekitar hutan, program ini sekaligus melibatkan masyarakat yang tertuang dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar hutan.

Upaya-upaya tersebut telah dipetakan oleh ITM dalam empat pilar yang diusung dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya. Empat pilar terebut adalah Lestari Bersama ITM, Belajar Bersama ITM, Berdaya Bersama ITM dan Patuh Bersama ITM.

Foto: Kegiatan Pendidikan untuk anak dan remaja pada masyarakat sekitar Kawasan Rehabilitasi DAS oleh PT Indominco Mandiri, melestarikan lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat.

Berkembang Bersama Masyarakat adalah PIlihan ITM

Menurut Direktur Utama ITM, Mulianto, apa yang dicapai ITM dalam sebuah ajang penghargaan adalah sebuah momentum untuk melakukan refleksi.

“ITM telah memilih cara keberlanjutan sebagai acuan dalam menjalankan usahanya, karena kami menyadari bahwa sebuah bisnis itu hanya akan kuat manakala berjalan bersama tanggungjawab baik sosial maupun lingkungannya,” ungkapnya.

ITM meneguhkan komitmen itu dengan menjalankan Visi Perusahaan yang baru, yaitu menjadi Perusahaan Energi di Indonesia yang berintikan Inovasi, Teknologi, Inklusi dan Keberlanjutan.

Posisi yang dipilih ITM sebagai perusahaan yang makin Hijau dan Cerdas (Greener and Smarter Company) telah membuahkan hasil, baik dari sisi kinerja maupun tanggung jawab sosialnya. Ke depan, ITM telah menorehkan rencana untuk menambah portofolio energi yang ramah lingkungan serta terus melakukan tranformasi digital yang meliputi aspek teknologi, bisnis dan cara berpikir karyawannya.

Our Way in Energy, itulah jalan yang dipilih ITM.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertambangan
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top