Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NTB Siapkan Lahan 1,35 Ha, Tagih Pusat Budidaya Lobster Nasional

Pusat budidaya lobster di NTB disiapkan di lahan pelabuhan dermaga Telong Elong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.
Lobster mutiara merupakan hewan konsumsi air laut yang bernilai ekonomis tinggi. Rasa dagingnya gurih dan lezat membuat permintaan pasar yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Peluang pembudidayaan pun masih sangat terbuka.  /KLHK
Lobster mutiara merupakan hewan konsumsi air laut yang bernilai ekonomis tinggi. Rasa dagingnya gurih dan lezat membuat permintaan pasar yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Peluang pembudidayaan pun masih sangat terbuka. /KLHK

Bisnis, MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan lahan pusat budidaya lobster nasional seluas 1,35 hektare (Ha) sudah tersedia dan berstatus clear and clear

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Yusron Hadi menjelaskan pusat budidaya itu diusulkan dalam areal pelabuhan dermaga Telong Elong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur 

Penetapan lahan ini merupakan tindak lanjut penuntasan administrasi dari surat permohonan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) mengenai lahan budidaya lobster. 

"Sesuai dengan surat pak Menteri mengenai permohonan lahan, tim aset sudah melakukan survey ke pelabuhan milik Provinsi yang dikelola oleh Dishub NTB. Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama dalam waktu dekat pembangunan bisa dilakukan," jelas Yusron Hadi dalam keterangan tertulisnya Minggu (18/4/2021). 

Dalam keterangan yang sama, Sekretaris Dirjen Perikanan Budidaya Gemi Triastutik menjelaskan pihak Kementerian KKP sudah intens berkomunikasi dengan Pemprov NTB soal realisasi lahan budidaya. 

"Kami mendorong agar seluruh proses dilakukan sesuai dengan aturan agar program ini memiliki legal standing yang kuat, kami juga mendorong proses administrasi segera selesai dengan cepat," jelas Gemi. 

Skema kerjasama penggunaan pelabuhan di Telong Elong dilakukan dengan konsep pinjam pakai, dan jika memiliki potensi yang bagus dalam jangka panjang lahan tersebut akan dihibahkan dari Pemprov NTB ke pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noris Saputra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper