Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Buruh mengangkat gula ke lambung kapal di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan. - Antara
Premium

Historia Bisnis: Heboh 'Samurai' Gula Kuasai Distribusi

14 April 2021 | 16:26 WIB
Para samurai gula menjadi cukong bagi importir terdaftar untuk memberi modal

Bisnis.com, JAKARTA - Rendahnya produksi dalam negeri membuat pemerintah secara rutin mengeluarkan kuota impor gula. Meski yang mengimpor adalah BUMN atau importir terdaftar, kenyataan di lapangan dilakukan oleh operator dalam perusahaan negara itu. Kondisi yang menimbulkan rente. 

Bisnis Indonesia edisi 14 April 2004 mengungkap impor gula yang dikuasai segelintir pihak dengan judul 'Delapan Samurai Kuasai Perdagangan Gula'. 

Dalam edisi itu disebutkan dana yang digunakan empat Importir Terdaftar (IT) untuk memasukkan gula ke Indonesia ternyata tidak berasal dari perusahaan mereka sendiri melainkan dari ‘delapan samurai’ yang menguasai rantai pertama distribusi gula.

“Mereka [para importir] di-backup oleh ‘delapan samurai’ itu,” ungkap salah seorang anggota Kelompok Kerja Importasi Dewan Gula Indonesia (DGI) dalam rapat pembentukan Komite Perdagangan Gula Nasional (KPGN) di Jakarta kemarin.

Rapat yang dipimpin oleh penggagas KPGN Natsyir Mansyur itu dihadiri oleh sejumlah stakeholder pergulaan, termasuk Kasubdit Importasi Gula Ditjen Daglu Dharma, Direktur Bina Pasar-Distribusi Ditjen Dagri Gunaryo, dan dua orang staf Wapres Jusuf Kalla.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top