Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atasi Kemacetan Puncak Bogor, BPTJ Siapkan Rp57,10 Miliar

BPTJ menyiapkan dana hingga Rp57,10 miliar untuk mengatasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor kendati awalnya sempat mencapai Rp100 miliar.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 April 2021  |  20:27 WIB
Kendaraan roda empat menggunakan jalur
Kendaraan roda empat menggunakan jalur "contraflow" menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyediakan anggaran sebesar Rp57,1 miliar untuk mengatasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan penanganan kemacetan di kawasan tersebut menjadi salah satu program prioritas BPTJ di tahun ini. Semula, anggaran dana sebesar Rp100 miliar, tetapi adanya refocusing membuat anggaran dipangkas hingga 43 persen.

"Penanganan kemacetan di wilayah puncak dengan anggaran awal Rp100 miliar berkurang menjadi Rp57,1 miliar [43 persen]," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (7/4/2021).

Dia menjelaskan, penanganan kemacetan ini diinisiasi dengan beberapa detail kegiatan yaitu pembangunan fasilitas penunjang dan rute terminal tipe A Baranangsiang - Ciawi - Simpang Ciawi - Rest Area Gunung Mas dan Terminal Bubulak - Ciawi, pembangunan transit poin di Simpang Ciawi, pengadaan halte portable, dan buy the service atau program angkutan umum bersubsidi.

Dalam kesempatan tersebut Polana mengungkapkan bahwa sektor transportasi Jabodetabek masuk dalam daftar refocusing anggaran oleh pemerintah. Perubahan anggaran transportasi Jabodetabek dari yang semula Rp450,58 miliar menjadi Rp328,93 miliar.

Dia menambahkan, selain penanganan kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, BPTJ juga telah melakukan pemetaan program berdasarkan skala prioritas dan menyusun beberapa kegiatan strategis di 2021 dalam rangka mewujudkan implementasi penggunaan anggaran yang efektif dan tepat sasaran.

"Adapun program prioritas nasional BPTJ tersebut adalah pembangunan terminal tipe A Jatijajar sebesar Rp33,48 miliar, pembangunan terminal tipe A Pondok Cabe sebesar Rp4,3 miliar, pengadaan ATCS sebesar Rp4,65 miliar, pengadaan pemasangan perlengkapam jalan di ruas jalan Jabodetabek dengan anggaran Rp24,03 miliar, penyusunan dokumen study Elevated Loop Line dengan pagu Rp7,48 miliar," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPTJ-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top