Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangki Ketiga Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan

Skenario pemadaman titik api di tangki T-301F terus dilakukan. Siang tadi tim emergency sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisahkan api.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  13:36 WIB
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021). - Antara
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) telah memadamkan tiga dari empat tangki penyimpanan bahan bakar minyak yang terbakar di fasilitas Kilang Balongan.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto menjelaskan upaya pemadaman secara intensif oleh Tim Emergency Pertamina untuk menangani insiden di area tangki T-301 mendapat hasil positif. Setelah 2 tangki padam tadi pagi, menyusul pada sekitar pukul 08.30 WIB, PT Pertamina (Persero) memastikan api di tangki T-301G berhasil dipadamkan.

“Kabar gembira kembali kami peroleh, tangki T-301G telah padam dan ikhtiar tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F,” kata Agus, Rabu (31/3/2021).

Skenario pemadaman titik api di tangki T-301F, lanjut Agus, terus dilakukan. Siang tadi tim emergency sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisahkan api.

“Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, Pertamina telah lebih dulu memadamkan api di dua tangki yakni pada pukul 01.30 WIB , dan disusul 1 tanki lagi sekitar pukul 06.44 WIB.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall  atau tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan Foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari mobil Damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kilang minyak kilang balongan
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top