Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdana Menteri Inggris Dorong Pengetatan Perbatasan dengan Uni Eropa

Di depan parlemen Inggris, Johnson mengatakan para menteri perlu menyeimbangkan keputusan apa pun untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat, termasuk potensi pemeriksaan Covid-19 pada pengangkut yang berasal dari Prancis.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kembali dari Parlemen di London, Inggris, pada Rabu (30/12/2020)./Bloomberg
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kembali dari Parlemen di London, Inggris, pada Rabu (30/12/2020)./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan negara itu mungkin perlu segera menerapkan langkah-langkah pembatasan ketat untuk mencegah kedatangan varian virus corona dari benua Eropa yang berisiko merusak peluncuran vaksin negara itu.

Di depan parlemen Inggris, Johnson mengatakan para menteri perlu menyeimbangkan keputusan apa pun untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat, termasuk potensi pemeriksaan Covid-19 pada pengangkut yang berasal dari Prancis, terhadap gangguan yang sangat serius yang disebabkan oleh pembatasan perdagangan lintas-saluran.

"Kami akan mengambil keputusan, betapapun sulitnya, untuk menghentikan perdagangan, untuk menghentikan aliran tersebut jika kami pikir itu perlu untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menghentikan masuknya varian baru. Dan mungkin kita harus melakukannya dengan sangat baik segera," katanya dilansir Bloomberg, Kamis (25/3/2021).

Pemerintah Johnson ingin memanfaatkan peluncuran vaksin yang telah mengirimkan lebih dari 30 juta dosis untuk secara bertahap membuka ekonomi setelah penguncian ketiga negara itu.

Namun ketika jumlah kasus menurun di Inggris, negara-negara di Eropa menghadapi gelombang infeksi baru, termasuk peningkatan kasus varian baru yang dikhawatirkan para ilmuwan dapat menggagalkan imunisasi vaksin.

Johnson juga menyarankan bahwa pemilik pub mungkin dapat memutuskan apakah akan mewajibkan sertifikasi vaksin sebagai syarat untuk masuk, sebuah sinyal dari pemikiran pemerintah saat mempertimbangkan bagaimana membuka kembali perekonomian. 

Peta jalan Inggris untuk pelonggaran rencana pembatasan mencabut sebagian besar aturan pada 21 Juni.

Dalam perjalanan, Inggris saat ini melarang pendatang dari lebih dari 30 negara yang sebagian besar berasal dari Afrika dan Amerika Selatan, tetapi tidak yang datang dari Eropa.

Portugal telah dihapus dari apa yang disebut daftar merah negara larangan perjalanan pada Jumat lalu.

Menteri Perdagangan Internasional Liz Truss mengatakan bahwa pemerintah akan memantau situasi dengan cermat dan bereaksi cepat terhadap perubahan keadaan.

"Kami harus tetap fleksibel dan berhati-hati agar warga kami terlindungi. Kami ingin menjaga perdagangan seterbuka mungkin," kata Truss.

Ditanya apakah penasihat medisnya telah merekomendasikan agar dia menerapkan lebih banyak pembatasan dan pengujian tambahan pada pengangkut yang berasal dari Prancis, Johnson mengatakan hal itu tidak benar.

"Namun ada keseimbangan yang harus dicapai, dan yang tidak kami ketahui adalah keadaan pasti kemanjuran vaksin terhadap varian baru," ujarnya.

Johnson juga mengatakan ada konsensus global yang berkembang bahwa bukti vaksinasi atau tes negatif mungkin diperlukan untuk penerbangan.

Dia akan memperpanjang keputusannya untuk melarang perjalanan internasional paling cepat hingga 17 Mei. Selain itu, Johnson juga memperingatkan perusahaan mungkin tidak bisa berinvestasi di Uni Eropa jika blok itu memberlakukan pada ekspor vaksin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper