Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmikan Terminal Bandara Kuabang Maluku Utara, Ini Pinta Jokowi

Presiden Joko Widodo berharap Bandara Kuabang dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat Halmahera Utara dan sekitarnya serta memicu tumbuhnya ekonomi baru.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  11:26 WIB
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandara Kuabang, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (24/3/2021). Presiden meminta paling tidak layanan penerbangan pada rute menuju ke bandara ini minimal dua kali dalam sepekan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan terminal Bandara Kuabang di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara,” katanya melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (24/3/2021).

Dia mengatakan bahwa Bandara Kuabang dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat Halmahera Utara dan sekitarnya. Jokowi berharap keberadaan infrastruktur ini dapat memicu tumbuhnya ekonomi baru di sekitar bandara.

Sebelum pandemi, Bandara Kuabang melayani dua penerbangan ditambah satu carter per hari. Namun semenjak pandemi aktivitas ini terhenti. Hanya pesawat carter yang terbang menuju bandara ini.

Presiden kemudian memerintahkan kepada Menteri Perhubungan agar maskapai penerbangan kembali melayani rute ke Bandara Kuabang paling tidak dua kali dalam sepekan.

“Sehingga nanti saat keadaan normal bukanya tidak terlalu kencang [kaget], sudah ada tahapan. Dua kali seminggu kemudian baru naik lagi [saat] ke keadaan normal yaitu tiga kali sehari,” terang Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa bandar udara ini dibangun dengan anggaran lebih dari Rp300 miliar dan memiliki panjang runway 2.400 meter. Kondisi ini kata dia sangat memadai untuk membantu peningkatan konektivitas antardaerah.

“Bandara ini saling melengkapi dengan Bandara Sultan Babullah di Ternate. Dibangun berkat dukungan gubernur, bupati dan masyarakat,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi maskapai penerbangan bandara kuabang kao halmahera utara
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top