Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten ARNA Ekspansi, Incar 2 Persen Pasar Keramik HT 60X60

Terkait ekspansi produk keramik HT 60x60, perseroan telah memboyong mesin produksi dari Itali.
Ilustrasi pembuatan keramik. /Istimewa
Ilustrasi pembuatan keramik. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) memastikan rencana ekspansi produksi homogenous tile (HT) berukuran 60x60 centimeter akan mulai dilakukan pada pekan depan. Perseroan telah memboyong mesin produksi dari Itali.

Direktur Operasional PT Arwana Citramulia Tbk. Edy Suyanto optimistis produk tersebut akan diterima pasar. Hal itu mengingat permintaan produk tersebut sangat besar yakni sekitar 150 juta meter persegi per tahun.

Sementara itu utilisasi produk HT 60x60 berada di level 46 persen. Rendahnya utilisasi tersebut disebabkan oleh tingginya pangsa pasar HT impor di pasar domestik sekitar 51 persen atau sekitar 72 juta meter persegi.

"Dari data impor dan produk HT lokal kami mencatat rerata permintaan setahun 150 juta meter persegi, produksi kami pertama nanti hanya 3 juta. Artinya kami hanya memegang 2 persen dari pasar dan ke depan peluang juga masih sangat besar," katanya dalam jumpa media virtual, Senin (8/3/2021).

Edy mengemukakan perseroan pun sangat optimistis dengan ekspansi tersebut, mengingat rerata produk HT 60X60 dari India, China, dan Vietnam saat ini 100 persen berwarna cream polos.

Perseroan akan memiliki berbagai varian produk mix yang memberikan nilai tambah untuk produksi seperti tipe marble, rustik, dan wood dengan desain motif kayu. Dengan lebih jeli melihat dan mengenal pasar keramik ini, Edy menyebut perseroan akan mampu memenangi persaingan.

"Produk ini akan kami sebut Arna dan produksi yang sejenis impor hanya 15.000 m2 selebihnya varian mix. Kami juga yakin dengan jaringan distribusi kami yang sudah menjangkau ke seluruh Indonesia," ujarnya.

Sisi lain, produsen HT lokal saat ini hampir 100 persen menggunakan bahan baku impor yang berasal dari Malaysia dan Thailand. Perseroan akan menggunakan 100 persen bahan baku lokal.

Seperti diketahui, Arwana memiliki kapasitas produksi 67,5 juta meter persegi yang memproduksi keramik untuk pasar menengah dan menengah bawah.

Adapun lini produksi anyar HT 60x60 tersebut didirikan di samping pabrik eksisting Arwana di Mojokerto. Total investasi yang dikeluarkan mencapai Rp200 miliar.

Menurut Edy, pabrikan masih menahan diri untuk investasi dalam skala besar pada produksi HT karena masih akan melihat respons pasar. Sejauh ini pihaknya hanya produksi keramik dengan segmen pasar bawah dan menengah bawah. Artinya, Arwana hanya memproduksi keramik dengan ukuran 40x40 centimeter dan 50x50 centimeter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper