Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Tengah Tekanan Pandemi, Tiga Bandara Angkasa Pura I Raih ASQ Awards dari ACI

Angkasa Pura I senantiasa berupaya menjaga standar layanan yang tentunya disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten di bandara.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  14:24 WIB
Foto: Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengarahkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan pemindaian mandiri boarding pass.
Foto: Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengarahkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan pemindaian mandiri boarding pass.

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga bandara PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan prestius kebandarudaraan tingkat dunia ASQ Awards yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Tiga bandara yang meraih penghargaan "Best Airports in Asia Pacific by Size" pada ajang ASQ Awards dari ACI tersebut adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang per tahun, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada kategori kapasitas bandara 5-15 juta penumpang per tahun.

"Kami bersyukur atas diraihnya penghargaan ini yang juga merupakan pengakuan dunia internasional terhadap keandalan layanan bandara Angkasa Pura I. Walau berada dalam tekanan dampak pandemi, Angkasa Pura I senantiasa berupaya menjaga standar layanan yang tentunya disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten di bandara. Dalam memberikan pelayanan pada masa pandemi, kami dituntut agile untuk dapat menjaga aspek keselamatan, keamanan, juga kesehatan, namun dengan tetap memberikan kenyamanan di tengah segala keterbatasan. Itu yang menjadi kunci pelayanan kami pada masa pandemi," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Penghargaan ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan buah kerja keras dan pengorbanan insan Angkasa Pura I yang dengan ikhlas dan konsisten memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna jasa bandara pada masa pandemi. "Manajemen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja keras dan kerja ikhlasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini," tambah Faik Fahmi.

"Walaupun bandara-bandara anggota ACI terdampak pandemi cukup signifikan dari sisi kegiatan operasional maupun bisnis pada 2020 lalu, namun para pengelola bandara dengan berbagai kategori kapasitas tersebut tetap dapat fokus untuk memberikan pelayanan terbaiknya ke pengguna jasanya. Kami mengucapkan selamat kepada para pengelola bandara yang menerima penghargaan ini," ujar Stefano Baronci, ACI Asia Pacific Director General.

Sebagai informasi, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar merupakan bandara yang kerap dianugerahi penghargaan pada ajang ASQ Awards. Pada ajang ASQ Awards 2019, Bandara SAMS Sepinggan neraih 4 penghargaan pada kategori kapasitas bandara yang sama yaitu "Best Airport by Size in Asia Pacific", "Best Environment & Ambience by Size", "Best Customer Service", "Best Infrastructure & Facilitation". Pada ajang ASQ Awards 2018, Bandara SAMS Sepinggan juga meraih 4 penghargaan yang sama pada kategori yang juga sama. Pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan "2nd place  Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year".

Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pada ajang ASQ Award 2019 meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun, yaitu "Best Airport by Size" dan "Best Infrastructure & Facilitation". Kemudian pada ajang ASQ Award 2016, Bandara Makassar meraih predikat sebagai "The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016".

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara melalui 34 indikator kinerja kunci yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada ASQ Awards 2020 ini, 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara di seluruh dunia. Pada program ASQ Awards ini, ACI telah mengadaptasi proses pengawasan kualitas yang ketat untuk memastikan temuan dan benchmarking survei ASQ agar tetap berkualitas tinggi pada masa pandemi Covid-19 ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penghargaan angkasa pura i
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top