Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setahun Covid-19, Penerapan Prokes Jadi Kunci Pemulihan Pariwisata

Pemerintah daerah perlu mengambil peran yang lebih besar dalam menegakkan protokol kesehatan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  20:10 WIB
Pengunjung hotel memantau kalender event sepanjang 2021 yang dirilis Dinas Pariwisata Kota Palembang. Bisnis - Dinda Wulandari
Pengunjung hotel memantau kalender event sepanjang 2021 yang dirilis Dinas Pariwisata Kota Palembang. Bisnis - Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA – Satu tahun sejak pandemi melanda sektor pariwisata, penerapan protokol kesehatan masih dinilai sebagai cara yang paling jitu dalam proses pemulihannya, terutama dalam menggaet wisatawan domestik.

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani mengatakan penerapan protokol kesehatan mesti terus digiatkan disamping program vaksinasi. Dalam hal ini, lanjutnya, pemerintah daerah perlu mengambil peran yang lebih besar.

"Penerapan protokol kesehatan yang baik yang mestinya diupayakan oleh pemerintah, terutama oleh pemerintah daerah," ujar Aviliani kepada Bisnis, Selasa (2/3/2021).

Penerapan protokol kesehatan, jelasnya, akan sangat signifikan bagi sektor pariwisata Tanah Air yang memfokuskan wisatawan domestik alih-alih wisatawan mancanegara yang diperkirakan baru normal 1-2 tahun mendatang.

Destinasi wisata berorientasi wisatawan mancanegara seperti Bali, dianggap perlu mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang cakap.

Dengan demikian, pemulihan ekonomi di sektor pariwisata bisa tertolong oleh animo wisatawan domestik yang merasa yakin untuk berwisata lantaran baiknya penerapan protokol kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Protokol Pencegahan Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top