Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Siapkan Infrastruktur Kendaraan Listrik di NTB dan Sumsel

Kesiapan PLN ditunjukkan dengan pembangunan 33 SPKLU di 11 kota dan bekerja sama dengan pihak lain membangun 100 SPKLU di seluruh Indonesia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Februari 2021  |  18:48 WIB
SPKLU PLN.  - Kementerian BUMN
SPKLU PLN. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyiapkan infrastruktur untuk ekosistem kendaraan listrik di Nusa Tenggara Barat dan Sumatra Selatan.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan pihaknya siap menjadi inisiator dan pelopor pengembangan ekosistem kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon, menciptakan lingkungan udara yang bersih, dan menyediakan sistem transportasi yang lebih murah dan efisien.

Adapun, NTB telah memiliki 170 titik stasiun penyedia listrik umum (SPLU) dan 1 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan akan terus bertambah.

Kesiapan PLN ditunjukkan dengan pembangunan 33 SPKLU di 11 kota dan bekerja sama dengan pihak lain membangun 100 SPKLU di seluruh Indonesia. PLN juga telah menyiapkan insentif diskon 30 persen bagi pengguna kendaraan listrik yang mengecas daya di rumah para penggunanya.

"Kami siapkan layanannya dari hulu hingga hilir sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan pengguna kendaraan listrik," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi PLN, Minggu (28/2/2021).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah meluncurkan program Era Kendaraan Listrik untuk NTB Gemilang pada Jumat (26/2/2021). ”Kendaraan listrik menjadi keniscayaan menyongsong era sekarang ini dan kita harus siap menangkap peluang tersebut," ungkapnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatra Selatan Hendriansyah mengatakan bahwa pemprov sudah menyiapkan peraturan gubernur yang akan mendorong dan memberikan penekanan terhadap penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas dan transportasi umum.

"Kami mengapresiasinya kepada PLN atas peluncuran SPKLU di Sumatra Selatan," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top