Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Hasil Evaluasi Pusat Logistik Berikat

PPLBI menyampaikan hasil riset mengenai evaluasi pelaksanaan Pusat Logistik Berikat yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM).
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  09:06 WIB
Petugas keamanan berjaga di salah satu Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia di Kawasan Industri Krida Bahari, Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016). - Antara/Widodo S. Jusuf
Petugas keamanan berjaga di salah satu Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia di Kawasan Industri Krida Bahari, Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Logistik Berikat (PLB) sebagai alternatif pengelolaan logistik dinilai telah on the right track dan memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia.

Ketua Umum Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) Ety Puspitasari mengatakan penilaian tersebut merupakan hasil penelitian dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diketuai Kusdhianto Setiawan.

Dia mengatakan beberapa pengukuran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah ini menghasilkan beberapa kesimpulan seperti besaran kontribusi positif pada perekonomian Indonesia, PLB memberikan dampak meliputi akses bahan baku dan penolong menjadi lebih efisien dan efektif secara waktu dan prosesnya, sehingga berakibat positif terhadap efisiensi biaya logistik.

"Selain itu penelitian ini juga memberikan gambaran lebih lanjut bagi PPLBI terkait hal-hal yang harus menjadi perhatian ke depan dalam pengembangan PLB lanjutan sehingga dampak positif ini bisa lebih meluas di industri skala kecil dan menengah, selain di industri besar," kata Ety dalam siaran pers, Rabu (17/2/2021).

Dia menuturkan sejak didirikan pada tahun 2016, Pusat Logistik Berikat (PLB) bertujuan untuk mendorong efsiensi logistik dan menjadikan Indonesia Hub Logistik Asia Pasifik. Penelitian ini sebagai evaluasi terhadap proses internal yang terjadi di PLB.

Selain itu, kata dia, penelitian ini juga memberikan gambaran lebih lanjut bagi PPLBI terkait hal hal yang harus menjadi perhatian ke depan dalam pengembangan PLB lanjutan sehingga dampak positif ini bisa lebih meluas di industri skala kecil dan menengah, selain di industri besar.

Beberapa poin yang didapatkan dari hasil penelitian ini akan menjadi landasan bagi Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik dan diharapkan untuk kemudian didukung oleh lembaga/kementerian terkait, sehingga percepatan pertumbuhan industri dapat didukung lebih baik lagi oleh PLB, mengingat masa pandemi dan kemudian masa pemulihan ekonomi efisiensi dan efektivitas logistik akan memberikan kontirbusi perbaikan juga.

Dalam tiga bulan mendatang PPLBI akan mengadakan program sosialisasi hasil penelitian ini baik untuk internal maupun external. Tujuan dari program ini adalah untuk menggandeng pihak-pihak terkait agar bisa melakukan kerja sama dan dukungan untuk PLB lebih baik lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top