Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tender Proyek PUPR Senilai Rp7,5 Triliun Diselesaikan Akhir Bulan Ini

Secara keseluruhan, akan ada penyelesaian tender proyek konstruksi sebanyak 2.039 paket dengan nilai Rp22,1 triliun.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  14:17 WIB
Pekerja melakukan perbaikan jalan di Lintas Timur Sumatra Selatan saat menyambut arus mudik Lebaran 2019. Bisnis/Dinda Wulandari
Pekerja melakukan perbaikan jalan di Lintas Timur Sumatra Selatan saat menyambut arus mudik Lebaran 2019. Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan ada penyelesaian tender untuk 848 paket konstruksi senilai Rp7,5 triliun pada akhir Januari 2021.

Secara total, akan ada penyelesaian tender proyek konstruksi sebanyak 2.039 paket dengan nilai Rp22,1 triliun.

Adapun, percepatan penyelesaian tender tersebut dinilai dapat meningkatkan kualitas pembelanjaan anggaran pembangunan infrastruktur karena pekerjaan dapat dimulai lebih awal.

"Saya harapkan pada TA [tahun anggaran] 2021 semua proses lelang harus bisa diselesaikan pada bulan Maret atau April 2021, dengan lebih cepat dan tertib.  Jangan lambat, tetapi jangan juga cepat. Namun, ceroboh,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan resmi, Rabu (12/1/2021).

Dia mengatakan agar tidak ada proses lelang yang diulangi hingga lebih dari dua kali. Basuki memberikan penekanan khusus hal tersebut tidak terjadi pada paket pekerjaan perawatan jalan.

Menurutnya, hal itu penting lantaran jalanan rentan rusak pada musim hujan sehingga perbaikan jalan yang berangsur-angsur akan menambah biaya perbaikan jalan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Trisasongko Widianto melaporkan bahwa pihaknya telah melaksanakan proses tender dini sejak awal kuartal IV/2020 dengan jumlah paket yang telah ditenderkan sebanyak 3.175 paket senilai Rp38,6 triliun.

Menurutnya, akan ada 1.191 paket senilai Rp14,6 triliun yang akan selesai tender pada 15 Januari 2021. Adapun, sebanyak 209 paket dengan nilai Rp2,1 triliun telah terkontrak per Desember 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tender proyek Kementerian PUPR
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top