Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Esok Vaksinasi, Menperin Sebut Kunci Pertama Pemulihan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kartasasmita mengaku bersyukur atas pemberian izin penggunaan kedaruratan Vaksin Sinovac oleh BPOM pada Senin, 11 Januari kemarin.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  16:17 WIB
Jarum suntik.  - Bloomberg
Jarum suntik. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kartasasmita mengaku bersyukur atas pemberian izin penggunaan kedaruratan Vaksin Sinovac oleh BPOM pada Senin (11/1/2021) kemarin.

Agus menyebut ada dua kunci utama pendorong pemulihan tahun ini. Pertama, tentunya kegiatan vaksinasi yang akhirnya sudah dimulai esok. Kedua, UU Cipta Kerja yang juga sebagai modal perbaikan iklim usaha.

"Tentunya juga serangkaian langkah pemulihan yang telah dilakukan pada pertengahan tahun lalu dan yang masih akan berlanjut tahun ini. Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan tidak hanya di industri kesehatan tetapi juga pada keseluruhan pertumbuhan ekonomi," kata Agus, Selasa (12/1/2020).

Menurutnya, konsekuensi paling berat pada industri tentunya penyerapan kerja yang terus menurun tajam hingga pemutusan hubungan kerja yang akhirnya menurunkan ksejahteraan masyarakat.

Agus pun berharap masyarakat tidak perlu khawatir secara brlebihan dengan angka kasus Covid-19 yang masih terus meningkat signifikan. Pasalnya hal itu juga terjadi di sejumlah negara lain.

"Untuk itu pemerintah telah menyiapakan sejumlah langkah pemulihan salah satunya vaksinasi tadi," ujar Agus.

Dia pun memproyeksikan pertumbuhan industri manufaktur pada tahun ini akan tumbuh hampir 4 persen atau 3,95 persen dengan seluruh subsektor yang tumbuh positif.

Optimisme tersebut sejalan dengan investasi di industri pengolahan nonmigas yang masih tumbuh positif pada 2020 sebesar 37 persen yoy pada periode Januari-September 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi pemulihan ekonomi Vaksin Covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top