Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Distributor Briket Arang Kelapa Rambah Turki

Tufan Algivari  Chief Executive Office (CEO) Kaya Sinerji Ltd. Sti. mengatakan saat ini mereka telah melakukan pengiriman kontainer perdana sebanyak 20 ton briket arang kelapa pada 20 Desember 2020
Kaya Sinerji Ltd.
Kaya Sinerji Ltd.

Bisnis.com, JAKARTA - Kaya Sinerji Ltd. Sti. perusahaan distributor produk briket arang kelapa yang didirikan oleh sejumlah anggota Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI) dirikan Sentra distribusi briket arang kelapa di Turki.

Tufan Algivari  Chief Executive Office (CEO) Kaya Sinerji Ltd. Sti. mengatakan saat ini mereka telah melakukan pengiriman kontainer perdana sebanyak 20 ton briket arang kelapa pada 20 Desember 2020, dan di estimasikan container kedua akan tiba pada tanggal 17 Januari 2021.

"Sebanyak 50 persen briket arang kelapa ini nantinya bakal di distribusikan di wilayah lokal Istanbul. Selebihnya, pasokan briket ini akan dikirim secara partial dari kota Istanbul ke mitra reseller Kaya Sinerji Ltd. Sti. di negara Balkan (Bosnia dan Albania), Prancis, Russia dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut melalui selat Bosporus melewati Laut hitam dan Kanal Danube (waterway) yang membelah wilayah Balkan dan Eropa Timur tembus sampai ke Eropa Barat melalui River Rhein, Jerman," kata Ketua Umum PERPAKI  Yogi Abimanyu dalam keterangan tertulisnya

Sementara sebagian lainnya dikirim ke mitra reseller di New York, USA melalui Samudera Atlantik dengan moda transportasi laut/LCL container.

Kedepan, perusahaan juga akan mendistribusikan (re-export) permintaan segment pasar retail produk briket arang kelapa asal Indonesia dengan konfigurasi konsolidasi cargo memanfaatkan kawasan Free Trade Zone yang ada di wilayah Turki menuju negara sekitarnya.

Di era persaingan free global market seperti sekarang ini, PERPAKI yakin apa yang telah dirintis dan dibangun oleh Kaya Sinerji Ltd. Sti. dengan memanfaatkan posisi geografis Turki sebagai sentra distribusi (Distribution Hub) akan semakin strategis dalam memperlancar kesinambungan antara produksi dan arus distribusi produk UMKM dari Indonesia ke sejumlah negara di daratan benua Asia dan Eropa.

Yogi menambahkan, setidaknya dengan menyiapkan stok produk briket arang kelapa di gudang sentra distribusi (Distribution Center) milik Kaya Sinerji Ltd. Sti. mitra reseller tidak perlu lagi membeli stok dalam jumlah besar dari Indonesia dengan segala resikonya.

"Misalnya ketidakpastian kualitas dan waktu tiba barang (-/+ 2-3 bulan) yang menyebabkan waktu dan modal kerja para mitra reseller menjadi tidak
produktif lantaran harus menunggu lama barang pesanan tiba," tambah Yogi Abimanyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper