Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM Distributor Briket Arang Kelapa Rambah Turki

Tufan Algivari  Chief Executive Office (CEO) Kaya Sinerji Ltd. Sti. mengatakan saat ini mereka telah melakukan pengiriman kontainer perdana sebanyak 20 ton briket arang kelapa pada 20 Desember 2020
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  16:11 WIB
Kaya Sinerji Ltd.
Kaya Sinerji Ltd.

Bisnis.com, JAKARTA - Kaya Sinerji Ltd. Sti. perusahaan distributor produk briket arang kelapa yang didirikan oleh sejumlah anggota Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI) dirikan Sentra distribusi briket arang kelapa di Turki.

Tufan Algivari  Chief Executive Office (CEO) Kaya Sinerji Ltd. Sti. mengatakan saat ini mereka telah melakukan pengiriman kontainer perdana sebanyak 20 ton briket arang kelapa pada 20 Desember 2020, dan di estimasikan container kedua akan tiba pada tanggal 17 Januari 2021.

"Sebanyak 50 persen briket arang kelapa ini nantinya bakal di distribusikan di wilayah lokal Istanbul. Selebihnya, pasokan briket ini akan dikirim secara partial dari kota Istanbul ke mitra reseller Kaya Sinerji Ltd. Sti. di negara Balkan (Bosnia dan Albania), Prancis, Russia dengan menggunakan moda transportasi darat dan laut melalui selat Bosporus melewati Laut hitam dan Kanal Danube (waterway) yang membelah wilayah Balkan dan Eropa Timur tembus sampai ke Eropa Barat melalui River Rhein, Jerman," kata Ketua Umum PERPAKI  Yogi Abimanyu dalam keterangan tertulisnya

Sementara sebagian lainnya dikirim ke mitra reseller di New York, USA melalui Samudera Atlantik dengan moda transportasi laut/LCL container.

Kedepan, perusahaan juga akan mendistribusikan (re-export) permintaan segment pasar retail produk briket arang kelapa asal Indonesia dengan konfigurasi konsolidasi cargo memanfaatkan kawasan Free Trade Zone yang ada di wilayah Turki menuju negara sekitarnya.

Di era persaingan free global market seperti sekarang ini, PERPAKI yakin apa yang telah dirintis dan dibangun oleh Kaya Sinerji Ltd. Sti. dengan memanfaatkan posisi geografis Turki sebagai sentra distribusi (Distribution Hub) akan semakin strategis dalam memperlancar kesinambungan antara produksi dan arus distribusi produk UMKM dari Indonesia ke sejumlah negara di daratan benua Asia dan Eropa.

Yogi menambahkan, setidaknya dengan menyiapkan stok produk briket arang kelapa di gudang sentra distribusi (Distribution Center) milik Kaya Sinerji Ltd. Sti. mitra reseller tidak perlu lagi membeli stok dalam jumlah besar dari Indonesia dengan segala resikonya.

"Misalnya ketidakpastian kualitas dan waktu tiba barang (-/+ 2-3 bulan) yang menyebabkan waktu dan modal kerja para mitra reseller menjadi tidak
produktif lantaran harus menunggu lama barang pesanan tiba," tambah Yogi Abimanyu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspansi turki
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top