Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Terakhir! Login www.prakerja.go.id Dapat Insentif Rp2,4 Juta Kartu Prakerja

Selain batas pendaftaran pelatihan, penerima Kartu Prakerja 2020 juga harus menyelesaikan pelatihan pertama agar dapat insentif.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 15 Desember 2020  |  10:34 WIB
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang.  - ANTARA
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan batas akhir pendaftaran seluruh pelatihan ditutup hari ini, Selasa (15/12/2020).

Selain batas pendaftaran pelatihan, penerima Kartu Prakerja 2020 juga harus menyelesaikan pelatihan pertama. Begitu pula dengan batas akhir menggunakan sisa saldo Kartu Prakerja yang hanya bisa digunakan sampai hari ini (15/12/2020). 

Penerima Kartu Prakerja harus menyelesaikan terlebih dahulu pelatihan pertama mereka agar bisa mendapatkan dana insentif dari pemerintah.

"Bila pelatihan pertamamu belum selesai hingga melewati batas akhir, maka kamu tidak bisa menerima dana insentif," tulis akun Instagram resmi @prakerja.go.id, seperti dikutip Bisnis, Selasa (15/12/2020).

Setelah melewati batas akhir, peserta tidak bisa lagi menggunakan saldon Kartu Prakerja dan mengakses pelatihan.

Sementara, apabila peserta tidak dapat mencairkan saldo bantuan pelatihan ke dalam bentuk uang tunai. Maka seluruh dana insentif yang tidak tersalurkan akan dikembalikan ke kas negara.

Kebijakan ini tertuang dalam Pasal 19 Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Sepanjang tahun ini, tercatat anggaran yang dikeluarkan untuk program Kartu Prakerja yakni sebesar Rp20 triliun.

Rincian anggaran tersebut antara lain Rp5,6 triliun untuk dana pelatihan, kemudian Rp13,45 triliun untuk insentif, Rp840 miliar untuk insentif survei, dan Rp100 juta untuk Project Management Office (PMO).

Peserta program Kartu Prakerja akan menerima bantuan dari pemerintah senilai Rp3,55 juta, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, dana insentif total sebesar Rp2,4 juta, dan insentif total sebesar Rp150.000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos kartu prakerja
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top