Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenaker Kembangkan Program Pelatihan BLK Komunitas

Saat ini, ada 23 kejuruan pelatihan yang diselenggarakan di BLK Komunitas di seluruh Indonesia.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 Desember 2020  |  14:08 WIB
Ilustrasi - blkcilegon.blogspot.com
Ilustrasi - blkcilegon.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terus melakukan berbagai pengembangan program pelatihan vokasi yang diselenggarakan di BLK Komunitas. 

Saat ini, ada 23 kejuruan pelatihan yang diselenggarakan di BLK Komunitas di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Kemenaker) Anwar Sanusi mengatakan kementeriannya terus memperkuat BLK Komunitas tidak hanya dari sisi jumlah lembaga, tetapi juga mutu program pelatihannya.

Tak hanya itu, langkah dan kebijakan pengembangan BLK Komunitas disesuaikan dengan industri yang ada di sekitar BLK Komunitas.

"Pelatihan yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha, yang pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran, serta memulihkan perekonomian tenaga kerja," kata Sekjen Anwar, dikutip dari laman resminya, Jumat (11/12/2020).

Selain jumlah lembaga dan program kejuruan, Kemenaker juga memperluas akses pembangunan BLK Komunitas.

Pada tahun ini, pembangunan BLK komunitas yang sebelumnya difokuskan untuk lembaga keagamaan kini mulai melibatkan peran serta dari serikat pekerja. Hal ini sebagai upaya penyebaran lembaga pelatihan kerja menjadi lebih luas untuk dapat diakses oleh masyarakat yang bertempat tinggal cukup jauh dari lokasi lembaga pelatihan kerja yang ada.

"Alhamdulillah, sampai dengan tahun 2019, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah berhasil mendirikan 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia" jelasnya.

Setelah adanya penyesuaian program dan anggaran untuk mendukung program tanggap Covid-19, pemerintah tetap berupaya untuk dapat melakukan pembangunan BLK Komunitas sebanyak 1.000 lembaga pada tahun ini.

Dia pun menambahkan aspek penting lain dalam pengembangan BLK Komunitas adalah sinergi BLK Komunitas dengan stakeholder.

"Hal ini bertujuan agar kemandirian BLK Komunitas dapat terwujud ke depannya," ujarnya.

Dengan peningkatan kualitas dari berbagai aspek, BLK Komunitas diharapkan mampu mandiri dan dapat membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan, lembaga pelatihan lainnya, dan dunia industri.

"Saya minta semua kegiatan antar program di Kementerian Ketenagakerjaan atau kementerian lainnya bisa di sinergikan dalam mencapai outcome yang besar," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blk Kemenaker
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top