Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh! Tingkat Pengangguran di Jepang Kembali Naik

Menurut Kementerian Dalam Negeri Jepang, Oktober menjadi bulan ketiga berturut-turut tingkat pengangguran menyentuh 3 persen atau lebih tinggi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  13:33 WIB
Para pejalan kaki di Shibuya, Tokyo, Jepang, pada 26 Maret 2020 mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jens Covid-19./Bloomberg - Kiyoshi Ota
Para pejalan kaki di Shibuya, Tokyo, Jepang, pada 26 Maret 2020 mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jens Covid-19./Bloomberg - Kiyoshi Ota

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri Jepang mengumumkan kenaikan tingkat pengangguran di negara tersebut pada Selasa (1/12/2020).

Melansir NHK, tingkat pengangguran di Negeri Sakura pada Oktober 2020 mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau September 2020. Dengan demikian, tingkat pengangguran di negara tersebut tercatat sebesar 3,1 persen.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, ini adalah bulan ketiga berturut-turut tingkat tersebut menyentuh 3 persen atau lebih tinggi. Padahal di sisi lain, rasio lapangan kerja tumbuh untuk pertama kalinya sejak April 2019 pada bulan yang sama.

Rasio lapangan kerja di Jepang pada Oktober 2020 tercatat mengalami kenaikan menjadi 1,04 persen dari 1,03 pada bulan sebelumnya.

Meskipun tingkat pengangguran meningkat selama tiga bulan berturut-turut, jumlah orang yang kehilangan pekerjaan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya selama pandemi Covid-19.

Namun, pemulihan pasar tenaga kerja Jepang diperkirakan akan berlangsung lama, karena sentimen bisnis di usaha kecil yang cenderung padat karya masih tertekan.

Data pengangguran terakhir menunjukkan bahwa lebih dari 500.000 posisi telah hilang di sektor manufaktur dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedangkan lebih dari 250,000 karyawan di hotel dan restoran mengalami PHK.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang pengangguran Virus Corona pandemi corona

Sumber : NHK

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top