Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Sebut UKM Pendorong Utama Pemulihan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Ma`ruf Amin menilai di tengah pandemi Covid-19 ini sektor jasa keuangan tidak bisa menjadi akselerator pemulihan ekonomi. Hanya UKM yang bisa.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 November 2020  |  16:25 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyebutkan bahwa sektor usaha kecil menengah menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi nasional selama masa pandemi.

Wapres menerangkan, UMKM memberikan kontribusi 97 persen penyerapan tenaga kerja, 60 persen kontribusi terhadap produk domestik bruto nasional serta menyumbang 58 persen total investasi serta 14 persen dari total ekspor.

“Dalam kondisi krisis seperti saat ini, sektor keuangan tidak dapat menjadi akselerator pemulihan ekonomi karena korporasi mengurangi aktivitas produksi dan investasi, maka sektor UMK-lah yang menjadi salah satu pendorong utama,” katanya saat memberi sambutan pada webinar Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut, pengembangan UMK juga termasuk dalam prioritas pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Ekonomi dan keuangan syariah katanya difokuskan kepada empat hal yaitu pengembangan dan perluasan industri produk halal, keuangan syariah, dana sosial syariah, dan kegiatan usaha syariah.

“Dalam kondisi krisis maupun pasca-krisis, kita tetap harus memperkuat kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala mikro, kecil dan menengah. Terutama dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat selama pandemi,” terangnya.

Wapres mencontohkan penguatan tersebut dapat dilakukan antara lain dengan memfasilitasi pelaku UMK agar dapat melanjutkan produksi serta memperluas pangsa pasar dan memasarkan produknya secara efisien.

Selain itu, Wapres juga mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk UMK. Pasalnya, beberapa marketplace telah memfasilitasi para pelaku UMK agar dapat menjual produknya secara daring.

“Hasil survei Bank Dunia menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi digital ini, atau melakukan aktivitas pemasaran secara online, mengalami penurunan lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan pemasaran secara online,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top