Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Target Swasembada Gula Konsumsi pada 2023

Kementerian Pertanian menyatakan upaya peningkatan produksi akan dimulai pada tahun ini dengan intensifikasi lahan yang hasilnya diharapkan dapat mulai dirasakan pada 2021.
Ilustrasi gula
Ilustrasi gula

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian menargetkan dapat mencapai swasembada gula konsumsi pada 2023.

Meski neraca gula konsumsi memang masih memperlihatkan defisit, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan defisit tersebut mencapai 600.000 ton per tahun lantaran produksi nasional hanya di angka 2,1 juta ton dan konsumsi mencapai 2,8 juta ton setiap tahunnya.

Dia mengatakan bahwa Kementerian Pertanian akan secara bertahap mengurangi defisit lewat peningkatan produksi. 

“Pemenuhan gula konsumsi secara bertahap kita siapkan, saya akan konsentrasi untuk akselerasi produksi gula konsumsi. Kalau sudah terpenuhi, selanjutnya mengejar swasembada gula industri,” kata Syahrul dalam National Sugar Summit, Selasa (24/11/2020).

Syahrul mengemukakan upaya peningkatan produksi akan dimulai pada tahun ini dengan intensifikasi lahan yang hasilnya diharapkan dapat mulai dirasakan pada 2021.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Perkebunan Kasdi Subagyono menyebutkan dalam periode 2020-2023 intensifikasi bakal menyasar area seluas 200.000 hektare (ha) di Pulau Jawa.

Sementara untuk strategi ekstensifikasi bakal dilakukan dengan menambah area penanaman di luar Pulau Jawa dengan luas 50.000 ha. Langkah-langkah ini diharapkan dapat menambah produksi gula konsumsi sebanyak 676.000 ton dalam 3 tahun ke depan.

Upaya intensifikasi sendiri bakal ditempuh dengan strategi bongkar ratoon pada area seluas 75.000 ha yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tebu menjadi 15 ton per ha. Dengan demikian, produksi akan mencapai 138.000 ton gula.

Selain bongkar ratoon, rawat ratoon juga bakal dilakukan pada area seluas 125.000 ha dengan produksi ditarget mencapai 178.125 ton. 

Adapun untuk ekstensifikasi, Kasdi mengatakan pihaknya akan menggunakan varietas-varietas dengan produktivitas yang lebih tinggi. Dia mengatakan produktivitas varietas tebu tersebut bisa mencapai 85 ton per ha dengan rendemen sekitar 8,3 persen.

"Jika produktivitas sesuai dengan yang sudah kita targetkan, maka kita akan mendapatkan 676.000 maknanya kita bisa swasembada pada 2023 khusus untuk gula konsumsi," kata Kasdi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper