Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ha! Kapal Feri Pesanan Australia dari Indonesia Disebut Banyak Cacatnya

Tidak dijelaskan dari galangan kapal mana, feri-feri tersebut dibuat di Indonesia.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 13 November 2020  |  06:27 WIB
Sebuah kapal tampak akan melintasi jembatan Sydney Harbour, Australia. - Reuters
Sebuah kapal tampak akan melintasi jembatan Sydney Harbour, Australia. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kapal feri baru yang dikirim dari Indonesia telah tiba di Australia dengan lusinan cacat dan feri tersebut tidak dapat melewati bawah dua jembatan di sepanjang rute Sungai Parramatta, Sydney.

Armada feri River Class yang baru—dibangun di Indonesia dan akan mulai beroperasi di Sydney Harbour akhir tahun ini—dianggap tidak layak berlayar.

“Mereka [kapal feri] belum siap beroperasi, anggota kami sudah memeriksanya. Mereka siap melakukan tugasnya, tetapi kapal feri ini belum siap," kata Paul Garrett dari Maritime Union of Australia kepada 7NEWS seperti dikutip dari https://7news.com.au/, Kamis (12/11/2020).

Operator feri bersikeras bahwa mereka memenuhi standar Australia tetapi mereka berusaha keras untuk memperbaiki lebih dari seratus masalah—termasuk masalah dengan kabel, pengelasan, baling-baling, dan cat.

Kapal-kapal feri tersebut tidak dioperasikan sampai selesai diperbaiki.

"Jika kapal-kapal ini tiba dengan ratusan cacat baru—seperti apa bentuknya setelah beberapa tahun beroperasi?" kata Shadow Transport Minister Chris Minns.

Pada Agustus lalu terungkap bahwa feri tidak akan dapat melewati di bawah dua jembatan di Sungai Parramatta ketika penumpang duduk di dek atas.

“Kami tidak bisa berada di sana untuk memastikan bahwa mereka semua merunduk tepat waktu dan kepala mereka tidak putus,” kata Jake Field dari Maritime Union of Australia pada saat itu.

Sekarang ada kekhawatiran baling-baling diposisikan terlalu tinggi ketika air surut dan feri mungkin tidak dapat melewati Rydalmere.

Empat dari feri baru saat ini berlabuh di Balmain dengan enam lainnya sedang dalam perjalanan—tetapi dokumen dari produsen Birdon mengungkapkan ada tujuh feri kelas sungai yang sedang dipesan.

Namun, tidak dijelaskan dari galangan kapal mana, feri-feri tersebut dibuat di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sydney kapal feri
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top