Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Upaya Penyelamatan Jiwasraya

Sri Mulyani berharap aspek hukum di Jiwasraya bisa dikuantifikasi dalam bentuk yang riill sehingga bisa mengurangi beban dari pemerintah.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 13 November 2020  |  10:40 WIB
Warga melintasi logo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (5/10/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi logo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (5/10/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN terkait dengan upaya penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Kita dalam proses bersama Kementerian BUMN, bagaimana kita bisa tetap menyeimbangkan, di satu sisi melakukan enforcement terhadap mereka yang sudah terbukti melakukan tindakan kriminal, maupun dari sisi penyelamatan bagi mereka yang memang harusnya diselamatkan dengan dukungan dokumen dan peraturan yang ada," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi XI, Kamis (13/11/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, dari sisi aspek hukum, saat ini sudah ada 6 terdakwa yang divonis maksimal penjara seumur hidup dan dikenakan denda mencapai Rp16 triliun.

"Kita berharap ini bisa dikuantifikasi dalam bentuk yang riill sehingga bisa mengurangi beban dari pemerintah," katanya.

Sementara, imbuhnya, dari sisi korporasi, Kemeterian BUMN masih terus melakukan inventarisasi dari kewajiban pemegang polisnya.

Kemenkeu juga meminta kepada Kementerian BUMN untuk melakukan restrukturisasi, terutama kepada mereka yang berinvestasi dalam Jiwasraya dengan imbal hasil yang tinggi.

"Kami juga akan terus melakukan koordinasi mengenai timing-nya dengan Kementerian BUMN sehingga bisa menjaga kredibilitas dan kepercayaan, meski kita tahu ini adalah masalah yang sangat berat mengenai berbagai tindakan komplikasi yang harus kita urai saat ini," jelas Sri Mulyani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi sri mulyani Jiwasraya
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top