Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aturan Lembaga Pengelola Dana Abadi Rampung, Modalnya Ditetapkan Rp75 Triliun

Modal awal LPI berupa dana tunai paling sedikit sebesar Rp15 triliun dan pemenuhan modal LPI sebesar Rp75 triliun setelah penyetoran modal tersebut dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2021 yakni bisa melalui penyertaan modal negara atau kapitalisasi laba ditahan LPI.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 November 2020  |  15:36 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020  -  Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau sovereign wealth fund sebagai salah satu implementasi Omnibus Law Undang-Undang No. 11/2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) telah dimuat di dalam laman website https://uu-ciptakerja.go.id.

Dalam RPP yang baru rampung tersebut, LPI disebut sebagai lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan diberi kewenangan khusus (sui generis) dalam rangka pengelolaan.

Selain itu, disebutkan pula bahwa pembentukan LPI adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai Investasi yang dikelola secara jangka panjang dalam rangka mendukung pembangunan secara berkelanjutan.

Sebagai lembaga yang difungsikan untuk mengelola investasi, LPI memiliki beberapa tugas yakni merencanakan, menyelenggarakan, mengawasi, dan mengendalikan, serta mengevaluasi Investasi.

RPP LPI ini juga mengatur dua sumber modal LPI yakni penyertaan modal negara dan sumber lainnya.

Lebih lanjut, pernyertaan modal negara yang dimaksud itu dapat berasal dari dana tunai; barang milik negara; piutang negara pada BUMN atau perseroan terbatas; dan/atau saham milik negara pada BUMN atau perseroan terbatas.

Masih terkait sumber modal LPI, rancangan beleid ini juga menyebutkan secara jelas bahwa sumber modal LPI ditetapkan sebesar Rp75 triliun.

Perinciannya, penyetoran modal awal LPI berupa dana tunai paling sedikit sebesar Rp15 triliun dan pemenuhan modal LPI mencapai Rp75 triliun setelah penyetoran modal tersebut dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2021 yakni bisa melalui penyertaan modal negara dan/atau kapitalisasi laba ditahan LPI.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi sovereign wealth fund
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top