Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo I Optimalkan Peningkatan Kompetensi SDM Lewat Digitalisasi

Proses bisnis administrasi yang telah didigitalisasi antara lain manajemen kinerja, payroll, perjalanan dinas, pengajuan cuti, training, penerbitan keputusan direksi, dan surat penugasan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 07 November 2020  |  12:20 WIB
Pelabuhan Batu Ampar di Batam, Kepulauan Riau. - Pelindo I
Pelabuhan Batu Ampar di Batam, Kepulauan Riau. - Pelindo I

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengoptimalkan sejumlah program peningkatan kompetensi sumber daya manusia, terutama untuk generasi milenial yang akan mengendalikan perusahaan di masa depan.

Direktur SDM dan Umum Pelindo I Henry Naldi mengatakan strategi ini sejalan dengan salah satu prioritas Kementerian BUMN yakni pengembangan talenta dan mendukung visi Pemerintah yaitu Indonesia Maju. 

“Pelindo I tidak hanya melakukan transformasi dalam proses bisnis dan digitalisasi sistem, namun juga melakukan transformasi budaya, organisasi, dan pengembangan Sumber Daya Manusia [SDM)],” jelasnya, Sabtu (7/11/2020).

Dalam digitalisasi Sistem khususnya SDM, Pelindo I menerapkan SAP HCM dan Employee Portal untuk mendukung proses bisnis administrasi SDM di perusahaan.

Proses bisnis administrasi yang telah didigitalisasi antara lain manajemen kinerja, payroll, perjalanan dinas, pengajuan cuti, training, penerbitan keputusan direksi, dan surat penugasan.

Dengan penerapan aplikasi tersebut, administrasi SDM tersebut dalam dilakukan secara terpusat oleh Shared Serviced Unit Pelindo I. Alhasil, proses administrasi SDM Pelindo I lebih tepat waktu, terukur efektif dan effisiensi.

Selain itu, Pelindo I telah membangun Aplikasi Virtual Corporate University “PORTRAIT” (Port Training in IT Touch) yaitu aplikasi learning management system.

Aplikasi ini memungkinkan yang memungkinkan seluruh pegawai pelindo 1 untuk dapat belajar kapan saja dan dimana saja, serta dapat bertanya terkait kompetensi teknis pada fitur 'Tanya Ahli' dengan menggunakan laptop atau smartphone.

Digitalisasi SDM di Pelindo I terus berlanjut dengan pembangunan aplikasi Integrated Career and Talent Management System (ICTMS) ”Metamorph”. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SDM lain yang telah diterapkan di Pelindo I.

Melalui aplikasi ini, suksesor jabatan akan terlihat dan seluruh pegawai dapat menyalurkan aspirasi karirnya serta mengetahui level kompetensinya.

Dengan aplikasi ini, pegawai juga dapat mengikuti event talent untuk proses seleksi talenta serta pemetaan talenta secara digital. Hal tersebut untuk meningkatkan trust, transparansi, dan objektivitas dalam pengelolaan karir dan manajemen talenta di PT Pelindo I.

Selain digitalisasi administrasi SDM, untuk keamanan dokumen dan kelancaran surat menyurat di Pelindo I juga telah menerapkan digitaliasi surat menyurat dengan Aplikasi Manajemen Surat Elektronik (MSE) dan digitaliasi arsip perusahaan dengan Aplikasi Manajemen Arsip Elektronik (MAE), serta aplikasi Document Management System (DMS)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sdm pelindo i digitalisasi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top