Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menko Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV Positif 0,6 Persen

Momentum pertumbuhan di akhir tahun ini diharapkan bisa menjadi katalis untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pada 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  17:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada Peluncuran Gelar Buah Nusantara 2020 di Jakarta, Senin (10/8/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada Peluncuran Gelar Buah Nusantara 2020 di Jakarta, Senin (10/8/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan optimistis ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2020 akan kembali pada level pertumbuhan yang positif.

"Kita harap di kuartal IV [pertumbuhan ekonomi] bisa -1,7, sampai kalau bisa positif 0,6 [persen]," katanya, Kamis (22/10/2020).

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tahun ini tercatat negatif -5,32 persen. Pada kuartal III/2020 pun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan masih akan berada dalam level kontraksi, yaitu pada ksiaran -2,9 persen hingga -1,1 persen.

Hal ini dikarenakan daya beli yang terganggu akibat Covid-19. Penurunan permintaan masyarakat juga tercermin dari tingkat inflasi yang rendah pada tahun ini, yang diproyeksikan tidak akan mencapai 2 persen.

Dengan pertumbuhan yang diproyeksikan bisa positif pada kuartal terakhir tahun, momentum ini diharapkan bisa menjadi katalis untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pada 2021.

Pemerintah telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi tahun depan pada kisaran 5 persen. Berbagai lembaga internasional pun memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh dalam rentang 4,5 hingga 5,5 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertumbuhan ekonomi indonesia airlangga hartarto
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top