Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lolosnya CT Corp dalam Prakualifikasi Operator Patimban Tak Mengejutkan

Tantangan terbesar bagi pihak yang nantinya mengelola Patimban akan cukup besar
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  01:30 WIB
Aktivitas proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman
Aktivitas proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – National Maritime Institute (NAMARIN) menilai lolosnya konsorsium CT Corp dalam prakualifikasi lelang pelabuhan Patimban sudah sewajarnya karena memiliki latar belakang dan sisi kapital yang lebih baik dibandingkan dengan konsorsium lainnya.

Direktur Namarin Siswanto Rusdi mengatakan dari sisi kapasitas perusahaan CT Corp memang lebih besar dibandingkan dengan konsorsium lainnya. Tak hanya itu, dari sisi politis dan sang pemilik memang sudah banyak terlibat proyek-proyek infrastruktur besar.

“Masuknya CT Corp, sudah kita lihat pasti yang lolos CT Corp. Tidak mengejutkan,” ujarnya, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya tantangan terbesar bagi mereka yang nantinya mengelola Patimban akan cukup besar. Pertama, dengan kondisi pandemi yang tentunya cukup berpengaruh pada kapasitas ekonomi perusahaan untuk keberlanjutan proyek hingga ancaman resesi Indonesia. Kedua, katanya, dari sisi pengembalian investasi yang kurang menarik karena pasar produksi otomatif domestik yang kurang berkembang.

Pasar terminal kendaraan otomatif tidaklah besar dan jaraknya cukup jauh dibandingkan dengan produsen pabrik di Cikarang.

“Dari sisi proyeksi pelabuhan ke depan setelah beroperasional dengan nilai investasi Rp16 triliun itu sangat besar makanya konsesinya sampai 40 tahun. Sangat panjang daripada biasanya yang 20 tahun-25 tahun,” imbuhnya.

Konsorsium CTCorp Infrastruktur Indonesia menjadi satu-satunya entitas yang lolos tahap prakualifikasi lelang operator Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Perusahaan yang lolos Konsorsium Patimban yang terdiri dari PT CTCorp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan Kemenhub telah mendapatkan calon perusahaan operator yang lolos tahap prakualifikasi proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, yang dilaksanakan dengan pendampingan bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan ct corp pelabuhan patimban
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top