Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

@ridwankamil Rancang Masjid Seribu Bulan Sabit Purwokerto, Groundbreaking Maret 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merancang desain arsitektur Masjid Agung Purwokerto berarsitektur Seribu Bulan Sabit di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, yang peletakan batu pertamanya dijadwalkan Maret 2021.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  11:11 WIB
Arsitektur Masjid Agung Purwokerto berkonsep Seribu Bulan Sabit rancangan RIdwan Kamil. Foto: Facebook Purwokerto.gallery.ssc
Arsitektur Masjid Agung Purwokerto berkonsep Seribu Bulan Sabit rancangan RIdwan Kamil. Foto: Facebook Purwokerto.gallery.ssc

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merancang desain arsitektur Masjid Agung Purwokerto berarsitektur Seribu Bulan Sabit di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, yang peletakan batu pertamanya dijadwalkan Maret 2021.

Lalu mengapa Ridwan Kamil mau repot-repot merancang masjid di wilayah Provinsi Jawa Tengah, yang bukan menjadi administrasi kekuasannya?

Rupanya pertalian erat Ridwan Kamil dengan Bupati Banyumas Achmad Husein menjadi alasan pemilik akun Istagram @ridwankamil itu tergerak untuk membuat desain arsitektur Masjid Agung Banyumas tersebut.

"Hari ini saya bertamu ke rumah Dinas Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil yang kebetulan adalah adik kelas saya di ITB. Beliau itu mendesain Masjid Akbar di Purwokerto," tutur Bupati Banyumas Ahcmad Husein melalui akun Istagramnya @ir_achmadhusein.

Ridwan kamil adalah lulusan teknik arsitektur ITB (Institut Teknologi Bandung) 1995.

Sementara Achmad Husein yang usianya lebih tua 20 tahuun dari Ridwan Kamil adalah jebolan teknik Sipil ITB. Achmad Husein masuk ITB 1979 saat Ridwan Kamil masih berusia 9 tahun.

Walau beda angkatan dan jurusan, kolaborasi Ridwan Kamil-Achmad Husein terjalin saat Pandemi Covid-19. Ridwan Kamil banyak memberikan bantuan alat rapid test kepada Bupati Banyumas Achmad Husein.

Rupanya kolaborasi itu berlanjut di proyek pembangunan Masjid Agung Purwokerto, kota ikonik Kabupaten Banyumas.

"Saya sudah lama enggak mendesain lagi, kecuali masjid. Makanya ketika Pak Bupati Banyumas meminta bantuan, dengan senang hati saya mendesain masjid dengan gagasan seribu bulan sabit," tutur Ridwan Kamil dalam postingan Instagram @ir_achmadhusein tersebut.

Simak postingan kolaborasi @ridwankamil dengan @ir_achmadhusein di proyek Masjid Agung Purwokerto berikut ini.

Berdasarkan gambar dari akun Facebook Purwokerto.gallery.ssc, desain Masjid Agung Purwokerto itu didominasi lengkung bulan sabit yang membentuk semacam lorong.

Menurut Purwokerto.gallery.ssc, masjid agung yang ada saat ini bukan aset Pemkab Banyumas melainkan milik sebuah yasasan, sehingga Banyumas dinilai wajib memiliki masjid agung yang menjadi aset pemkab.

"Rencana pembangunan masjid ini sudah lama, mungkin sudah 5 tahun lalu dan dana yang digunakan untuk membangun adalah hibah dari kerajaan Saudi Arabia yang dulu pernah diberitakan . Mengapa Purwokerto perlu dibangun Masjid Raya yang dikelola Pemkab Banyumas ? Karena masjid agung saat ini bukan di bawah Pemkab Banyumas tapi yayasan," tutur postingan akun Facebook itu Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banyumas di purwokerto ridwan kamil
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top