Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah ke Jepang, Garuda Indonesia Buka Rute Kargo Makassar-Singapura

Emiten berkode saham GIAA tersebut sebelumnya telah membuka rute khusus kargo dari Manado menuju Narita.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  17:35 WIB
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersiap melakukan penerbangan di Bandara internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara akhir pekan lalu (8/1/2017). - Bisnis/Dedi Gunawan\n
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersiap melakukan penerbangan di Bandara internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara akhir pekan lalu (8/1/2017). - Bisnis/Dedi Gunawan\\n

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) meluncurkan penerbangan khusus kargo ke Makassar - Singapura guna kepentingan ekspor wilayah timur Indonesia.

Emiten berkode saham GIAA tersebut sebelumnya telah membuka rute khusus kargo dari Manado menuju Narita.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan penerbangan khusus kargo Rute Makassar - Singapura ini akan dilayani sebanyak 1 Kali per minggu dengan armada regular Airbus A330-300.

Pesawat tersebut memiliki daya angkut mencapai 40 ton di setiap penerbangannya. Penerbangan Rute Makassar - Singapura ini berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 16.00 WITA dan tiba di Singapura pada pukul 18.40 Waktu Singapura.

"Melalui pengembangan jaringan penerbangan kargo dari hub penerbangan di Indonesia Timur, kami harapkan terbangunnya aksesibilitas jalur penerbangan kargo langsung menuju Singapura sebagai salah satu negara pengimpor komoditas nasional terbesar di kawasan Asia Tenggara," jelasnya melalui siaran pers pada Senin (5/10/2020).

Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo di Indonesia Timur yang terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional seperti Ambon, Kendari, Sorong hingga Manado.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas nama masyarakat Sulawesi Selatan kepada Garuda Indonesia yang telah membuka jalur Makassar – Singapura, khususnya untuk penerbangan kargo, mengingat bahwa hal tersebut merupakan langkah maju dalam upaya peningkatan potensi ekspor hasil bumi kami - mengingat selama ini Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah eksportir komoditas laut, khususnya perikanan.

Menurutnya dengan adanya penerbangan langsung Makassar- Singapura maka diharapkan akan dapat meningkatkan daya saing produk-produk segar serta komoditas unggulan lainnya dari Sulawesi Selatan.

"Kiranya seluruh eksportir Sulawesi Selatan dapat memanfaatkan layanan ini sehingga kualitas ekspor Sulawesi Selatan semakin meningkat kedepannya," ujarnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan khusus kargo Manado - Narita. Ke depannya, Garuda Indonesia akan terus mengembangkan aksesibilitas jaringan penerbangan khusus kargo ke berbagai negara potensial pengimpor komoditas maritim Indonesia seperti China, Hong Kong maupun berbagai destinasi rute domestik dan internasional lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia singapura kargo udara
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top