Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Coca Cola Amatil Resmikan Atap Panel Surya

PT Coca-Cola Amatil meresmikan atap panel surya yang diinstalasikan pada fasilitas pabrik produksi yang berlokasi di Cikarang Barat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 30 September 2020  |  19:41 WIB
Instalasi panel surya. Bisnis - Himawan L Nugraha
Instalasi panel surya. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Coca-Cola Amatil meresmikan atap panel surya yang diinstalasikan pada fasilitas pabrik produksi yang berlokasi di Cikarang Barat.

Peresmian tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, President Director Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Dalam sambutannya, Kadir mengatakan bahwa langkah penggunaan atap panel surya dalam fasilitas pabriknya selain bertujuan untuk mengurangi jejak karbon dari proses produksi, atap solar panel ini menghasilkan listrik yang mampu menggantikan sekitar 13% dari kebutuhan listrik yang disuplai oleh PLN.

Untuk penggunaan atap panel surya di pabrik seluas 72.000 meter persegi tersebut, pihaknya mengucurkan investasi senilai Rp87 miliar.

"Kami akan memperluas penggunaan atap panel surya di seluruh Pabrik kami di Indonesia, terdekat adalah Medan, Semarang dan juga surabaya," katanya pada Rabu (30/9/2020).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengharapkan dengan proyek pioner gagasan Coca-Cola nantinya diharapkan akan banyak pabrik lainnya yang menerapkan penggunanaan energi baru dan terbarukan dalam fasilitasnya.

Dia menyebut, atap panel surya yang terpasang di fasilitas produksi Coca-Cola merupakan yang terbesar keempat di dunia, terbesar pertama di region Asean, dan terbesar kedua di Asia Pasifik.

"Pemerintah mendorong joint credit mechanism Indonesia--Jepang bekerjasama untuk mengurangi nilai karbon bisa juga didorong partisipasi oleh korporat dan juga banyak fasilitas yang diberikan pemerintah," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum mengatakan, atas nama masyarakat dan pemerintah Jawa Barat pihaknya mengapresiasi langkah penggunanaan EBT oleh Coca-Cola.

Menurut dia, penggunaan atap panel surya bisa menjadi solusi di tengah ketersediaan energi konvensinal yang semakin hari semakin menipis.

"PLTS atap akan mengurangi polusi udara yang dirasakan. Semoga diikuti perusahaan lain yang ada di Jawa Barat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts panel surya coca cola
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top