Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLTU Sumsel 5 Segera Beroperasi, Uji Coba sejak Pertengahan September

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 5 berkapasitas 2x150 megawatt dipastikan segera beroperasi dalam waktu dekat seiring telah dilakukannya uji coba sejak pertengahan September 2020.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 28 September 2020  |  13:20 WIB
Ilustrasi jaringan listrik
Ilustrasi jaringan listrik

Bisnis.com, PALEMBANG - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 5 berkapasitas 2x150 megawatt dipastikan segera beroperasi dalam waktu dekat seiring telah dilakukannya uji coba sejak pertengahan September 2020.

PLTU Sumsel 5 tersebut terletak di Desa Sindang Marga, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel).

Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Apriyadi, mengatakan pembangkit tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk masalah defisit energi listrik di daerah tersebut.

“Infrastruktur ini juga dapat mempercepat penyediaan listrik hingga ke pelosok desa di Muba,” katanya, Senin (28/9/2020).

Apriyadi mengatakan PLTU Sumsel 5 merupakan pembangkit listrik swasta (independent power producer/IPP) yang digarap PT DSSP Power Sumsel

Menurut dia, perusahaan tersebut telah melakukan uji coba dengan cara mengalirkan tegangan listrik (energize) dari PLTU ke town feed transformer (TFT) pada Kamis (17/9).

Pihaknya berharap, operasional PLTU tersebut nantinya juga dapat menambah keandalan pasokan listrik di Muba sehingga pemadaman listrik yang seringkali terjadi dapat berkurang.

Sementara itu, Pimpinan PT DSSP Power Sumsel Ghazali mengatakan perusahaannya berkomitmen untuk meningkatkan keandalan listrik bagi warga di Muba.

“Sehingga masyarakat dapat mendapatkan listrik secara normal tanpa adanya pemadaman bergilir,” kata dia. 

Hanya saja, ia tak menyangkal di tengah pandemi Covid-19, pekerjaan pembangunan PLTU tersebut sedikit terhambat, seperti uji coba yang ditargetkan pada awal Agustus harus tertunda hingga September.

Namun, setelah uji coba ini pekerjaan diperkirakan akan berlanjut sesuai dengan rencana.

“Kami selalu mendapat laporan progress, perlahan tapi pasti PLTU Sumsel 5 siap beroperasi,” ujarnya. 

Diketahui, PT DSSP Power Sumsel merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur. 

Proyek IPP PLTU Sumsel-5 merupakan salah satu dari 3 proyek IPP PLTU milik DSSA. Selain IPP PLTU Sumsel-5, DSSA memiliki 2 proyek IPP PLTU lain, yaitu IPP PLTU Kendari-3 berkapasitas 2x50 MW di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara dan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2x100 MW di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. 

Kedua IPP PLTU ini saat ini masih tahap penyelesaian pembangunan dan diharapkan akan dapat beroperasi secara komersial pada Q1-2019 dan Q4-2019. DSSA juga memiliki 4 captive power plant yang terletak di Serang, Tangerang dan Karawang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pltu musi banyuasin
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top