Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Bahas Pencarian Mitra Proyek Kilang Pertamina

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama mengaku sedang mengerjakan pencarian mitra perseroan pascaditinggal oleh mitra lama dalam proyek Kilang Cilacap dan Kilang Bontang.
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama menyebut proyek-proyek kilang PT Pertamina (Persero) masih diminta oleh banyak mitra-mitra strategis.

Pria yang akrab disapa Ahok mengatakan bahwa pihaknya masih mengerjakan pencarian mitra pascaditinggal oleh mitra lama dalam proyek Kilang Cilacap dan Kilang Bontang.

Menyusul hal itu, kata Ahok, pada Jumat (25/9/2020), pihaknya baru menggelar rapat untuk menindaklanjuti kembali progresnya yang nantinya akan dilaporkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara ke Presiden.

"Iya banyak [yang berminat], asal jangan kita ngotot yang desain dan sebagainya. Bisa national oil company atau yang bermodal" katanya kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Pertamina memutuskan untuk menyelesaikan kerja sama dalam pembangunan Kilang Cilacap dengan Saudi Aramco pada April 2020 karena adanya perbedaan nilai valuasi proyek.

Pertamina disebut tengah menjajaki mitra strategis baru sebagai pengganti keterlibatan Saudi Aramco dalam proyek itu.

Selain Kilang Cilacap, mitra strategis dalam proyek pembangunan juga meninggalkan Pertamina. Overseas Oil and Gas (OOG) adalah mitra terpilih dalam proyek itu.

Akibat mundurnya OOG dari Kilang Bontang, pada saat ini proyek tersebut harus terpaksa ditunda untuk melanjutkan kajian dalam proyek itu.

PT Pertamina (Persero) menegaskan proyek pembangunan dan pengembangan sejumlah kilang masih menjadi proyek stragis nasional dan masih berjalan sesuai target.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang mengatakan bahwa tidak ada satu pun proyek Refinery Development Masterplan Program (RDMP) dan Grass Root Refinery (GRR) yang terdepak dari status proyek strategis nasional (PSN).

Dia menuturkan bahwa, proyek tersebut masih sejalan dengan kriteria proyek strategis nasional yakni keberlanjutan dan kepastian investasi, peningkatan penyediaan lapangan kerja, mempertahankan daya saing, peningkatan ketahanan energi, dan menjadi lokomotif pertumbuhan serta pengembangan perekonomian.

"[Proyek kilang] masih sangat relevan sebagai PSN," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper