Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Produsen Jaga Kepercayaan Pelanggan

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan memastikan kualitas produk tetap terjaga saat produksi, pengemasan, pengiriman dan menjalankan prosedur dan uji coba secara legal yang ditetapkan negara tujuan
Logo Hari Pelanggan Nasional/haripelanggan.com
Logo Hari Pelanggan Nasional/haripelanggan.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan sebuah produk hingga sampai ke tangan konsumen atau pelanggan ternyata cukup panjang.  Sekian prosedur dan uji coba secara legal harus dilalui tak hanya di negara asal produk itu berasal tapi juga di negara tujuan, disamping tetap menjaga keamanan produk saat pengirimannya.

Tujuannya jelas yaitu untuk memastikan produk tersebut memang berkualitas dan aman untuk digunakan oleh konsumen. Sebagai contoh produk perangkat router, yang di Indonesia masuk ke dalam kategori perangkat telekomunikasi berdasarkan UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Peraturan Menkominfo Nomor 16 Tahun 2018 tentang Ketentuan Operasional Sertifikasi Alat dan/ atau Perangkat Telekomunikasi, maupun Peraturan Menkominfo Nomor  10 Tahun 2019 tentang Persyaratan teknis Perangkat Router, dan regulasi terkait lainnya.

Regulasi itu mengatur bahwa setiap alat dan atau perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, atau dimasukkan, untuk diperdagangkan dan atau digunakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis, yang dibuktikan dengan sertifikat melalui proses sertifikasi.

“Untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan memastikan kualitas produk tetap terjaga saat produksi, pengemasan, pengiriman dan menjalankan prosedur dan uji coba  secara legal yang ditetapkan negara tujuan. Itulah yang dilakukan TP-Link selama ini sehingga bisa dipastikan setiap produk memuaskan pelanggan,” kata Country Director TP-Link Indonesia, Sterling Li, dalam keterangan resminya.

Khusus untuk perangkat router, regulasi di Indonesia melakukan uji atau tes perangkat di Balai Uji Dalam Negeri yang sudah ditentukan. Antara lain untuk mengetes radio frequency, tes electrical compability, dan tes keamanan.

“Artinya setiap produk kita yang sampai ke konsumen dapat dipastikan sebagai produk yang terbaik dan keamanannya terjamin,” sambungnya.

Dikatakan, ketaatan pada regulasi yang berlaku di Indonesia menjadi kunci bagi TP-Link. Secara rinci, perangkat telekomunikasi yang berasal dari TP Link melampaui standard yang ditetapkan, baik dari sisi catu daya (power supply), kondisi lingkungan, sistem keselamatan dan keamanan, persyaratan keselamatan listrik, kesehatan dan Electromagnetic Compatibility (EMC), hingga  sistem dan perangkat router. 

“Ini merupakan komitmen global kami untuk kepuasan para pelanggan kami di Indonesia dan seluruh dunia. Kami akan senantiasa mengikuti regulasi yang ada, untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami,” ujar Sterling Li.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper